close

5 Fakta Gunung Kerinci yang Menarik

Gunung Krinci terletak di perbatasan provinsi Jambi dgn Sumatera Barat merupakan salah satu tujuan utama para pendaki gunung di Indonesia, baik pendaki domestik maupun pendaki internasional.

Gunung yg mempunyai ketinggian & jalur yg menantang untuk didaki. Berikut Fakta menawan perihal Gunung Kerinci.

1. Merupakan Puncak Pulau Sumatera

Gunung kerinci yaitu gunung tertinggi di Pulau Sumatera. Gunung yg termasuk kedalam jajaran pegunungan Bukit Barisan ini memiliki ketinggian 3.805 mdpl. Dengan ketinggian ini, suhu udara di puncak kerinci berkisar 5 hingga 10 derajat celcius pada trend kemarau.

Sebagai puncak tertinggi di Pulau Sumatera, para pendaki gunu di Indonesia kerap kali memasukan Gunung Krinci ke dalanm 7 Summits of Indonesia, yan merupakan istilah tak resmi terhadap tujuh puncak gunung tertinggi di pulau pulau utama di Indonesia. Oleh karena itu, Gunung kerinci adalah salah satu gunung yg wajib dinaiki oleh petualang.

2. Gunung Api Aktif Tertinggi di Indonesia

Sebagai salah satu gunung api jenis stratovolcano yg termasuk dlm cincin api pasifik, Kerinci ialah gunung api aktif di Indonesia. Gunung kerinci mempunyai kawah pada puncaknya dgn kedalaman 600 meter & luas kawah sekitar 48.000 meter persegi.

3. Situs Warisan Dunia UNESCO

Gunung Kerinci termasuk serpihan dr Taman Nasional Kerinci-Seblat yg merupakan taman nasional terbesar kedua di Indonesia. Kawasan konservasi ini memiliki luas area sekitar 1,3 juta hektar.

Bersama dgn Taman Nasional Gunung Leuser & Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, Dikelompokan menjadi dua situs Warisan Hutan Hujan Tropis Sumatra yg telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO sejak tahun 2004.

Hutan Hujan Tropis sumatera dinobatkan oleh UNESCO karena keindahan alamnya yg luar biasa, merupakan pola yg mewakili proses ekologis & biologis yg sedang berjalan sangat penting & signfikan dlm konservasi insitu.

4. Perkebunan Teh Kayu Aro di Sekitar Kaki Gunung Krinci, Perkebunan Teh Tertua di Indonesia

Di sekitar kaki Gunung Kerinci, Terhampar perkebunan Teh Kayu Aro yg merupakan kebun teh tertua di Indonesia. Perkebunan teh ini diresmikan semenjak masa kolonial Belanda di Indonesia yakni antara tahun 1925 hungga 1928 oleh perusahaan Belanda. Selain populer sebagai perkebunan teh tertua di Indonesia, Perkebunan seluas 3.020 hektar ini merupakan salah satu hamparan perkebunan teh terbesar diDunia.

5. Habitat Harimau Sumatera

Harimau Sumatera tergolong binatang yg dilindungi & telah dikategorikan dgn satatus kritis oleh IUCN. Jumlah populasi macan Sumatera di TNKS ketika ini yaitu sekitar 160-167 ekor, yg sebagiannya berada disekitar Gunung Kerinci.

Karena itu sungguh tak disarankan untuk bermalam & mendirikan tenda atau melakukan perjalanan sesudah matahari terbenam di antara pos 2 & pos 3 dekat area hutan lumut Gunung Kerinci. Kabarnya kawasan tersebut merupakan jalur harimau melintas.