10 Peninggalan Sejarah Hindu Budha di Indonesia

Di Indonesia aneka macam peninggalan peninggalan bersejarah yg tentunya mempunyai ceritanya masing masing. Salah satu peninggalan sejarah yg banyak ditemukan di Indonesia ialah peninggalan sejarah Hindu Budha. Hal ini dikarenakan kedua agama ini memang yg paling pertama masuk di Negara Indonesia.

Bahkan tak dikenali dgn pasti kapan tepatnya agama Hindu & Budha mulai masuk ke Indonesia. Namun bukti dr peninggalan peninggalan bersejarah ini mampu menjadi bukti bahwa kedua agama ini sudah cukup usang masuk ke Indonesia. Nah berikut ini beberapa pola peninggalan sejarah Hindu Budha yg ada di Indonesia.

Peninggalan Sejarah dr Agama Hindu

Indonesia aneka macam lima agama yg terdapat dlm negara kita & Indonesia memiliki banyak ciri-ciri pranata sosial. Ini terbukti dr peninggalan agama tersebut yg kini masih membuktikan agama tersebut masih ada sampai kini. Banyak peninggalan yg terdapat dlm agama Hindu yg perlu kalian ketahui sebagai berikut:

1. Peninggalan Sejarah Dari Kerajaan Kutai

Peninggalan Sejarah Dari Kerajaan KutaiKerajaan kutai merupakan salah satu kerajaan Hindu tertua yg ada di Indonesia. Kerajaan Hindu ini berdiri pada kurun ke 4 Masehi. Banyak bukti bukti yg menyatakan eksistensi kerajaan ini, salah satunya yaitu Yupa. Yupa merupakan tiang kerikil yg dipakai untuk mengikat binatang korban yg akan disembahkan pada Brahmana. Yupa ini ditulis dgn bahasa Sansekerta seerta abjad Pallawa. Selain itu, masih banyak peninggalan sejarah lainnya dr Kerajaan Kutai yakni:

  • 7 Buah Yupa
  • Arca Arca Bulus
  • Arca Batu
  • Kalung Cina dr Emas
  • dan lainnya.

2. Peninggalan Kerajaan Tarumanegara

Peninggalan Kerajaan TarumanegaraKerajaan Tarumanegara merupakan kerajaan Hindu tertua yg ada di Pulau Jawa yg terletak di tepi Sungai Citarum, Bogor. Kerajaan ini berdiri pada periode ke 5 Masehi. Keberadaan dr kerajaan ini ditemukan dr adanya 7 buah prasasti, yakni antara lain adalah:

  • Prasasti Ciaruteun, didapatkan di kawasan Ciampea, Bogor. terdapat telapak kaki raja Purnawarman serta lukisan keuntungan laba di prasasti ini.
  • Prasasti Jambu, didapatkan di sekitar bukit Koleangkak. Di prasasti ini terdapat goresan pena dgn kata Tarumayam (Tarumanegara).
  • Prasasti Kebon Kopi, didapatkan di sekeliling kampung Muara Hilir, Bogor. Di dlm prasasti ini terdapat lukisan telapak kakidari Airawata, Gajah kendaraan dr Dewa Wisnu.
  • Prasasti Lebak, ditemukan di tempat Kampung Lebak, Pandeglang.
  • Prasasti Tugu, ditemukan di daerah Desa Tugu, Cilincing, Jakarta Utara.
  • Prasasti Pasir Awi.
  • Prasasti Muara Cianten.

3. Peninggalan Kerajaan Kediri

ads

Peninggalan Kerajaan KediriBerikut ini beberapa peninggalan dr kerajaan Kediri di Indonesia:

  • Prasasti Penumpangan
  • Prasasti Talan
  • Prasasti Weleri
  • Prasasti Semandhing
  • Prasasti  Jepun
  • Prasasti Hantang
  • dan yang lain

Raja yg terkenal dr Kerajaan Kediri, pada masa pemerintahannya di tahun ke 22, membangun saluran air yg berjulukan Gomati & Chadrabagha yg dipakai untuk mengairi sawah serta mencegah terjadinya banjir.

4. Candi Gunung Sari

Candi Gunung SariCandi Gunung Sari ini merupakan salah satu Candi bercorak Hindu Siwa yg ada di Pulau Jawa. Lokasi dr candi ini  bersahabat dgn Candi Gunung Wukir, yg mana menjadi tempat prasasti Canggal ditemukan.

Berikut ini adalah bentuk ciri-ciri dr candi gunung sari yg perlu anda ketahui bentuk & tampilannya:

  • Ciri ciri dr candi ini mampu dilihat dr ornamen, arsitektur serta bentuknya yg memang terlihat renta, bahkan lebih tua dibandingkan dgn Candi Gunung Wukir.
  • Candi ini terletak di Desa Gulon, Kec. Salam, Kab. Magelang.

Peninggalan sejarah agama Hindu masih ada disamping itu yg perlu anda pahami alasannya adalah mungkin anda pula pernah mendengar nama peninggalan ini, selaku berikut:

1. Candi Prambanan

Candi yg dikenal dgn nama Candi Roro Jonggrang ini memang cukup populer dgn kisah legendarisnya. Kisah Bandung Bondowoso serta Roro Jonggrang menjadi salah satu dongeng sejarah yg selalu ada di buku buku cerita. Candi ini dibangun pada tahun 825 M yg terdiri dr tiga candi utama di bagian tengahnya yg pertanda sebagai persembahan pada Dewa Trimurti. Relief dr Candi Prambabanan ini terdiri dari dongeng Ramayana. Bahkan kompleks candi Prambanan ini ditulis oleh Raffles ke dlm sebuah buku yg berjudul “History of Java”.

2. Candi Gunung Wukir

Candi Hindu ini berada di Dusun Canggal, Magelang, Jawa Tengah. Candi ini berada sempurna di Bukit Gunung Wukir yg menjadi wilayah perbatasan dr Yogyakarta & Jawa Tengah. Diperkirakan jikalau candi ini dibangun pada pemerintahan Raja Sanjaya di tahun 723 M.

Peninggalan Sejarah Budha Di Indonesia

Selain agama Hindu yg memang pertama kali mulai mengajarkan arti agamanya. Tidak kalah, ternyata peredaran agama Buddha mulai tampakbanyak orang di Indonesia. Dan sampai sekarang agama Buddha masih dianut oleh beberapa warga negara Indonesia, selain itu dlm sejarah agama buddha ternyata aneka macam meninggalkan beberapa peninggalan yg bersejarah selaku berikut:

Baca juga:

1. Peninggalan Kerajaan Sriwijaya

Sponsors Link

Peninggalan Kerajaan SriwijayaKerajaan Sriwijaya merupakan salah satu kerajaan Budha di Indonesia, bahkan kerajaan ini menjadi pusat penyebaran serta pengembangan agama Budha di Indonesia. Berikut ini beberapa peninggalan sejarah dr Kerajaan Sriwijaya:

  • Kompleks Candi Muara Takus. Dibangun sekitar abad XI dgn pola nandalan yg memakai bahan batu bata. Salah satu candi yg masih kuat & utuh di kompleks tersebut ialah Candi Mahligai.
  • Prasasti Kedukan Bukit. Ditemukan di tepi Sunagi Talang pada tahun 1920. Isi dr prasasti ini menceritakan tentang perjalanan yg dikerjakan oleh Dapunta Hiyang.
  • Prasasti Talang Tuo.
  • Prasasti Telaga Batu
  • Prasasti Kota Kapur
  • Dan lainnya.

2. Candi Brahu

 Candi BrahuCandi ini dibangun dgn corak & gaya Budha sekitar tahun 15 Masehi. Pembangunan candi ini ditulis ke dlm sebuah prasasti suci yakni Prasasti Alasan yg didapatkan tak jauh dr lokasi Candi Brahu.

Berikut keterangan dulunya tentang candi brahu yg dulunya mempunyai sejarah yg sungguh unik:

  • Prasasti ini ditulis oleh Mpu Sendok sekitar tahun 861 Saka. Candi ini dipakai selaku tempat pembakaran dr mayit Raja Raja yg memerintah Kerajaan Brawijaya.
  • Namun observasi menyebutkan bahwa tak ada didapatkan sedikitpun bekas bubuk mayit dr bilik bilik candi.

Masih ada peninggalan sejarah dr agama Buddha yg mungkin ada sudah pernah liat & sudah pernah anda kenal alasannya ini telah cukup diketahui banyak orang selaku berikut:

1. Candi Kalasan

Candi ini merupakan candi Budha tertua yg ada di Indonesia. Candi ini dibangun pada 778 Masehi dgn tujuan untuk pewarisan budaya yang dipersembahkan oleh Dewi Tara. Proses pembangunan candi ini ditulis ke dlm suatu prasasti yg dikenal dgn Prasasti Kalasan.

2. Candi Borobudur

Sponsors Link

Dapat dikatakan bahwa Candi Borobudur merupakan candi Budha terbesar yg ada di Indonesia. Dibangun kurang lebih sekitar 750 hingga 850 Masehi. Candi ini terbagi menjadi 3 tingkatan, yg mana setiap tingkatannya dikelilingi oleh stupa serta dihiasi oleh relief. Puncak dr candi ini berupa stupa yg berskala besar.

3. Candi Sewu

Candi Budha ini berada di dlm kompleks Candi prambanan. Diperkirakan dibangun sekitar 746 – 784 M pada masa Raja Panangkaran. Candi Sewu ini merupakan peninggalan dr Kerajaan Mataram Kuno. Dapat dikatakan jika candi ini merupakan candi terbesar kedua yg ada di Indonesia.

4. Candi Mendut

Candi ini merupakan candi yg berlatar belakang corak Budha yg berada di Desa Mendut, Kabupaten Magelng. Bangunan suci ini dibangun ketika masa pemerintahan Raja Indra yg berasal dr Dinasti Syailendra sekitar tahun 824 M. Candi ini dihias dgn unsur-unsur budaya dalam tabrakan ukiran mirip bidadara, bidadari, garuda, serta dua ekor simpanse.

Baca juga:

Nah itu tadi beberapa peninggalan sejarah hindu budha yg ada di Indonesia. Sebenarnya masih banyak lainnya yg belum tersebutkan, bahkan beberapa diantaranya belum ditemukan. Semoga berita diatas dapat berguna untuk anda.

[accordion]

[toggle title=”Artikel Lainnya” state=”closed”]

[/toggle]

[/accordion]

  5 Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Tradisional beserta Penjelasannya