19 Faktor Perubahan Sosial dan Contohnya

Setiap orang mengalami yg namanya perubahan, baik diri kita sendiri, orang renta kita, keluarga kita, tetangga, & orang lain. Seiring berjalannya waktu pergeseran itu sungguh nampak utamanya pada sikap & tingkah laris. Jika kita mengatakan pergeseran ini maka yg sering terjadi adalah pada penduduk kita, banyak sekali bantalan an yg mengubah prilaku masyarakat, mulai dr keluarga, ekonomi & lingkungan tempat tinggal. Mereka biasanya menyesuaikan  kehidupan mereka, sehingga norma & peraturan yg ada tak lagi di indahkan, ini pula salah satu argumentasi kenapa penduduk kita mengalami pergeseran. Selain itu dlm membentuk aspek pergeseran sosial kerap kali membentuk bentuk penyimpangan sosial.

Faktor Penyebab Perubahan Sosial

1. Faktor Internal, yaitu kondisi dimana penduduk berubah dr dirinya sendiri atau yg kita kenal dgn ungkapan faktor sosiogenik. Diantara umpamanya yaitu mirip:

  • Bertambah & berkurangnya penduduk

Semakin bertambahnya jumlah yg dialami oleh penduduk, maka kian banyak pula pergantian yg terjadi, sebaliknya dgn berkurangnya jumlah penduduk maka masyarakat akan semakin leluasa sehingga ini akan mengalami pergeseran cara berfikir & pola hidup.

  • Adanya penemuan gres yg dikerjakan oleh seseorang.

Para ilmuan sudah menunjukan wacana hasil observasi mereka. Sehingga dgn itu masyarakt merasa mudah untuk menjalankan atau melakukan sesuatu, berbentukalat-alat elektronik, mesin, & lain sebagainya.

  • Adanya permusuhan

Pada umumnya, didalam kita bermasyarakat membutuhkan situasi yg tenang & hening, tidak mau ada gangguan sedikitpun, atau yg biasa kita kenal dgn rasa aman. Rasa aman atau keselamatan inilah yg menyebabkan pergantian bermasyarakat bila dibandingkan dgn permusuhan atau peperangan.

  • Terjadinya pemberontakkan atau revolusi masyarakat.

Selain itu penduduk mesti menjalin proses interaksi sosial & beradaptasi kepada lingkungannya dimana mereka tinggal, kalau terjadi penekanan atau merasa frustasi dgn sebuah peraturan tertentu, maka mereka akan memberontak, mirip demonstrasi yg sudah pernah kita lihat kemarin di Bundaran Indonesia.

2. Faktor Eksternal, yaitu kebalikan dr aspek internal. Dengan perkembangan wilayah Indonesia untuk itu Masyarakat mengalami pergeseran sosial karena imbas dr luar, mirip keluarga & lingkungan hidup. Ada beberapa alasannya adalah yg mensugesti perubahan sosial pada aspek eksternal ini, diantaranya:

ads

  • Adanya pergeseran pada lingkungan alam. Alam adalah kawasan hidup kita. Kita hidup dr alam maka alam faktor pertama yg mengubah perilaku sosial penduduk .
  • Adanya peperangan dgn Negara lain. Seperti yg sudah diterangkan tadi, rasa aman menjadi alasannya adalah perubahan yg terjadi di penduduk . Karena dgn keselamatan tersebut kita mampu hidup tenang tanpa adanya peperangan.
  • Pengaruh kebudayaan. Masyarakat kita senang dgn pergeseran-pergeseran baru, mode modern yg sedang di rasakan Negara lain, mirip cara berpakaian, etika istiadat, peringatan, program keagamaan & lain sebagainya.

3. Faktor Pendorong, pergeseran Sosial, ada beberapa karena lain yg mengubah kehidupan sosial masyarakat. Sebab ini sebagai pendukung terjadinya perubahan sosial, antara lain:

  • System pendidikan yg maju.

Seiring berkembangnya perkembangan ilmu wawasan & teknologi, masyarakat merasa perlu untuk menerapkan ini pada pendidikannya. Terutama pada sekolah-sekolah, sudah mulai mencicipi & merasakan penting nya teknologi, supaya para guru & murid menerima hasil yg lebih membuat puas dlm system maupun pengajaran.

  • Sikap menghargai hasil karya orang lain

Sikap dimana setiap orang dituntut untuk memilikinya. Karena dgn bersikap demikian seseorang akan merasa di hargai balasannya orang tersebut akan menghargai kita. Maka bagaimana kalau ini di terapkan pada lingkungan bermasyarakat, pasti akan lebih tercipta rasa toleransi ynag tinggi & toleransi kepada tindakan yg menyimpang.

  • System pelapisan masyarakat yg terbuka.

Maksudnya dgn adanya keterbukaan, maka setiap orang akan tahu posisi & kedudukannya sebagai penduduk . Mengetahui hak & kewajiban yg mesti di tunaikan merupakan efek dr tata cara yg terbuka. Tapi ada pula yg sulit sekali untuk berubah, inilah salah satu aspek penyebab tak terjadinya perubahan sosial didalam bermasyarakat.

  • Penduduk yg heterogen.

Dengan adanya banyak sekali macam lapisan masyarakat, mak akan terjalin yg namanya sikap menghargai & toleransi. Inilah salah satu alasannya perubahan sosial pada masyarakat.  Hal ini pun tak sepenuhnya di salankan, karena setiap orang mempunyai pandangan yg berlainan-beda. Ini sudah diterangkan selaku akibat dr saling menghargai satu sama yang lain. Semua itu mampu mensugesti perilaku & tingkah laku sebuah golongan atau penduduk tertentu.

  • Ketidakpuasan masyarakat.

Rasa yg monoton pasti terasa jenuh & acuh taacuh, maka penduduk perlu untuk mencoba rasa yg baru & berlainan dlm kehidupannya. Sehingga rasa tak puas akan sesuatu yg di punya menuntutnya untuk berganti.Pentingnya ilmu & teknologi menjadi barometer kehidupan masyarakat sekarang.

  • Orientasi masa depan.

Ada impian yg masih tergantung di langit, sehingga daya & upaya di butuhkan untuk mencapainya. Kehidupan yg lezat, serba ada & mempunyai segalanya memang menjadi impian setiap orang, tergolong masyarakat kita.Yang mana kekerabatan bertetangga & bermasyarakat sangat perlu untuk terjalin, demi menyingkir dari hal-hal yg tak kita kehendaki, mirip disangka teroris, menyimpan barang-barang terlarang & lain sebagainya.

  • Adanya nilai tambah pada taraf kehidupan.

Pandangan masyarakat memang berbeda-beda. Ada yg melihat dr sisi penampilannya saja, ada pula yg menyaksikan bukan dr segi tersebut. Maka bagi mereka yg melihat dr segi penampilannya, taraf kehidupan seseorang perlu dipertimbangkan, contohnya ia kaya, punya tanah yg luas & sebagainya.

4. Faktor Penghambat Perubahan Sosial, ternyata disamping pendorong terjadinya pergantian sosial, kita pula dapat memperoleh adanya penghambat, sehingga perubahan ini tak terlalu tinggi. Antara lain sebagai berikut:

  • Kurangnya bekerjasama dgn masyarakat lain. Manusia selaku makhluk sosial, memang harus bergaul terutama dlm sebuah aktivitas tertentu.
  • Kurangnya ilmu wawasan yg terlambat. Di zaman sekarang ini ilmu wawasan & teknologi meningkat sungguh pesat. Maka jikalau kita tertinggal atau istilahnya Gaptek, kita akan tersisih dr lawan saingan kita.
  • Sikap masyarakat yg cenderung tradisional. Sikap tradisional memang tak sepenuhnya di salahkan, terlebih jikalau kita melihat perkembangan di zaman sekarang ini, yg condong menghancurkan generasi bangsa, maka sikap tradisional ini perlu untuk di lestarikan. Tetapi bukan bermakna kita tak mau belajar untuk menjadi  lebih maju.
  • Adanya kepentingan-kepentingan yg tertanam dgn berpengaruh. Maksudnya yakni seseorang memegang kepercayaan nenek moyangnya, sehingga ia enggan untuk meningkat mengikuti perkembangan zaman.
  • Kebiasaan-kebiasaan buruk yg sulit di ubah. Kehidupan memang dinamis, banyak orang yg memiliki pandangan yg berlawanan-beda antara yg satu dgn yg yang lain.

Inilah beberapa penjelasan postingan terkait dgn faktor pergeseran sosial yg mampu ananda pahami berapa macam faktor dlm perubahan sosial tersebut. Faktor pergantian sosial yg banyak terkait dgn eksternal & internal itu sendiri.

  10 Contoh Perubahan Sosial Revolusi, Cepat yang Terjadi di Kehidupan Masyarakat