Beberapa para jago menyampaikan bahwa berada pada koridor metode walaupun menuntut perubahan pemerintahan masih mampu dikategorikan selaku partisipasi. Akan tetapi, pada suatu tindakan menuntut yg dijalankan diluar kerangka aturan main (peraturan) & koridor yg ada pada langkah-langkah partisipasi.
Tindakan partisipasi dlm hal ini, tentunya menjadi baik jikalau pada penduduk memiliki peran penting terhadap metode kebudayaan penduduk . Karena, dlm hal ini dgn banyak sekali tata cara budaya masyarakat yg memiliki peran kepada pembudayaan masyarakat.
Pembudayaan dlm kategori masyarakat yg memiliki tugas kepada tata cara pembudayaan penduduk terhadap berbagai sistem dinamika sosial budaya masyarakat. Karena, dlm hal ini dgn tugas yg dijalankan memiliki tugas kepada metode pembudayaan penduduk .
Pandangan bias yg memperlihatkan ruang kepada dinamika budaya politik penduduk akan tergolong pada hal yg baik untuk bekerja dgn baik. Sehingga, dlm hal ini akan menjadi persoalan dlm suatu tata cara yg menjadikan langkah-langkah yg dibenarkan.
Karena, dlm sebuah partisipasi politik untuk dikenali menurut sistem budaya sosial di penduduk yg mampu mendasari aneka macam hal terkait dgn metode yg didominasi pemerintah serta pengaturan & pengontrolan.
Dalam hal ini, sikap yg perlu dimengerti bahwa akan keberatan jika masyarakat akan beralih pada langkah-langkah partisipasi yg konkret pasti akan tak akan lagi efektif dijalankan. Karena, dlm memahami bias dlm suatu politik di masyarakat akan dikenali berdasarkan sistem sosial & budaya masyarakat.
Pengetahuan untuk berpolitik, telah menjadi salah satu kebijakan dlm mengamati dilema sosial di penduduk . Tentunya tak bersumber pada sosial penduduk . Untuk mengenali hal tersebut, maka diperlukan peran serta penduduk yg menunjukkan potensi tertentu terhadap dinamika sosial penduduk dengan-cara lazim.