close

Tiananmen : Sebuah Bayang-Bayang Demokrasi Tiongkok Pada Tahun Peristiwa 1989

Demokrasi yg pernah berjalan pada rakyat Tiongkok Memiliki makna yg jauh melebihi wilayah itu sendiri, dlm hal ini tantangan terbesar pada partai komunis Tiongkok, semenjak pemberontakan Tiananmen Tahun 1989.


Berbagai agresi demokrasi yg berlangsung diberbagai daerah seperti hongkong biar mampu dipahami dgn banyak sekali tahap ke status qou. Hal yg kearah pada protes gerakan payung tahun 2014. Persoalan yg ada pada mereka yaitu dilema utama yakni bahwa warga Hong Kong biasa tak memiliki harapan untuk hidup dlm negara satu partai yg absolut. Perlawanan mereka terhadap nasib ini bisa berkobar lagi.

Siapapun kepala Negaranya, Bagi Presiden Xi Jinping, ancaman utama ialah penularan perselisihan menyebar dr Hong Kong ke daratan. Selama simpulan pekan, mampu diketahui bahwa para demonstran melaksanakan upaya yg disengaja untuk terlibat dgn masyarakatdaratan yg mendatangi Hong Kong.

Gambaran perihal kerusuhan yg berkelanjutan di Hong Kong pula akan merusak gambaran pemerintah China yg dikembangkan dgn hati-hati ihwal iman & kompetensi tertinggi. Ketidakmampuan untuk menguasai acara mampu menciptakan administrasi Xi terlihat lemah & bermasalah.

Tetapi sebuah tindakan pemerintah Beijing memperlihatkan bahwa mereka sendiri tak sepenuhnya membeli pandangan baru ini. Berita wacana apa yg terjadi di Hong Kong sebagian besar telah ditekan di Cina. Aktivis pro-demokrasi Hong Kong, seperti Joshua Wong, sudah usang dicegah untuk bepergian ke daratan.

Sejauh pihak berwenang Cina dapat merasionalisasi apa yg terjadi di Hong Kong pada rakyatnya sendiri, klarifikasi standarnya yakni dgn memakai nasionalisme. Demonstrasi sudah digambarkan sebagai dikocok oleh barat. Dan para demonstran sendiri akan digambarkan sebagai tak patriotik & berangasan.

Gerakan demokrasi Hong Kong beropini bahwa menyerang Legco yakni sah sebab itu bukan kamar yg sepenuhnya demokratis. Mereka ingin semua legislator & kepala administrator Hong Kong diseleksi oleh satu orang, satu bunyi.

Tetapi otoritas Cina memahami presiden bahwa reformasi semacam itu akan ditetapkan untuk daratan. Dan mereka pula takut bahwa Hong Kong yg benar-benar demokratis dapat merangkul partai-partai pro-kemerdekaan.