Jurusan Akuntansi

Jurusan Akuntansi menjadi salah satu jurusan yg paling disukai di Indonesia lantaran prospek kariernya yg sangat luas. Di tahun 2020, peminat jurusan Akuntansi di akademi tinggi cukup besar, terbukti dgn tingkat kompetisi yg ketat. Di Universitas Negeri Jakarta, tingkat persaingan jurusan Akuntansi mencapai 1,63%. Untuk masuk ke jurusan Akuntansi, kandidat mahasiswa harus memiliki kemampuan yg baik dlm pelajaran matematika. Hal ini dikarenakan dlm jurusan Akuntansi.

Dalam bidang profesi, lulusan jurusan Akuntansi bisa bekerja di nyaris seluruh lembaga & perusahaan, baik itu BUMN, instansi pemerintah, hingga perusahaan multinasional. Rentang gajinya berkisar antara Rp4 sampai Rp8 juta tergantung pada pengalaman & sertifikasi yg dimiliki.

Mahasiswa di jurusan Akuntansi akan mempelajari kurikulum yg berkaitan dgn informasi & teknologi akuntansi, pengauditan, serta administrasi & akuntansi keuangan.

Peminatan/Konsentrasi Jurusan Akuntansi

Ada banyak sekali peminatan jurusan Akuntansi yg bisa diseleksi, antara lain:

Akuntansi Keuangan

Mahasiswa yg mengambil peminatan Akuntansi Keuangan akan mempelajari pembuatan pembukuan keuangan, baik untuk entitas jasa maupun komersial beserta cara untuk menganalisanya. Selain itu, mahasiswa pula mengenal laporan laba rugi & neraca keuangan serta pergantian modal.

Mahasiswa pula akan mempelajari metode pengelolaan portofolio investasi, sehingga peminatan ini nantinya akan cocok untuk lulusan yg ingin melakukan pekerjaan di bidang saham. Secara lazim, peminatan ini sesuai untuk sebagian besar profesi yg berhubungan dgn akuntansi.

Akuntansi Sektor Publik

Dalam peminatan Akuntansi Sektor Publik, mahasiswa akan diajarkan cara untuk mengidentifikasi dilema yg berafiliasi dgn praktek akuntansi di berbagai forum publik, baik milik pemerintah maupun swasta. Mahasiswa pula akan diajarkan untuk menjalankan proses akuntansi sesuai dgn standar yg ditetapkan oleh pemerintah.

Secara khusus, mahasiswa yg mengambil peminatan ini pula akan mempelajari software yg digunakan untuk bikin pembukuan keuangan sesuai dgn prinsip good government governance.

Akuntansi Keuangan Syariah

Seperti namanya, peminatan ini berhubungan akrab dgn lembaga perbankan syariah. Mahasiswa mempelajari dasar-dasar akuntansi & sebagian besar mata kuliah akuntansi pada umumnya, namun dgn pemanis cara untuk membuat pembukuan keuangan syariah yg sesuai dgn standar di Indonesia.

Selain itu, nantinya lulusan dr peminatan Akuntansi Keuangan Syariah akan mampu membuat kontrak syariah menurut janji yg diwajibkan, mirip murabahah & mudharabah.

Akuntansi Pajak

Pada dasarnya, peminatan ini mempelajari banyak sekali hukum perpajakan yg berlaku di Indonesia. Mahasiswa pula akan diajarkan cara mengetahui & menerapkan undang-undang perpajakan, mengkalkulasikan pajak sesuai dgn bisa usaha, serta konsep dasar mengenai pengawasan pajak.

  Jurusan Ilmu Perpustakaan

Tak hanya itu saja, mahasiswa pula akan dibekali dgn kesanggupan dlm bikin pembukuan keuangan fiskal sesuai dgn aturan yg digunakan di Indonesia.

Akuntansi Manajemen

Peminatan ini berfokus pada ilmu mengenai dasar manajemen yg menolong bikin keputusan bisnis terkait dgn keuangan. Mahasiswa pula akan mempelajari aneka macam hal yg dibutuhkan dlm administrasi perusahaan, seperti penyusunan rencana program kerja, pengawasan arus kas, & pula pelaporan keuangan.

Mahasiswa pula akan diajarkan cara untuk melakukan evaluasi kerja di suatu perusahaan & bagaimana cara menunjukkan umpan balik sesuai dgn keadaan di lapangan.

Lihat pula info lengkap jurusan lainnya di Sosiologiku.com:

Jurusan Manajemen

Jurusan Sistem Informasi

Jurusan DKV

Mata Kuliah & Gelar Sarjana Jurusan Akuntansi

Tergantung pada kampus & pula peminatannya, mata kuliah jurusan Akuntansi akan berlawanan-beda. Namun dengan-cara lazim, berikut ini mata kuliah yg akan dipelajari:

  • Pengantar Akuntansi
  • Komunikasi Bisnis
  • Pengantar Ekonomi
  • Matematika Ekonomi & Bisnis
  • Akuntansi Keuangan Menengah
  • Akuntansi Biaya
  • Sistem Informasi Akuntansi
  • Pengantar Bisnis & Manajemen
  • Ekonomi Islam
  • Statistik Deskriptif
  • Akuntansi Manajemen
  • Hukum Pajak
  • Kewirausahaan Syariah
  • Akuntansi Keuangan Syariah
  • Statistik Inferensial
  • Akuntansi Keuangan Kontemporer
  • Akuntansi Keuangan Lanjutan
  • Akuntansi Kombinasi Bisnis
  • Manajemen Perpajakan
  • Sistem Aplikasi ERP – SAP
  • Pengauditan
  • Sistem Informasi Manajemen
  • Teori Akuntansi
  • Sistem Pengendalian Manajemen
  • Akuntansi Sektor Publik
  • Penelitian Akuntansi
  • Manajemen Risiko & Investasi
  • Analisis Laporan Keuangan
  • Auditing Berbasis Teknologi
  • Etika Bisnis & Profesi
  • Akuntansi Pemerintahan

Lulusan jurusan Akuntansi akan mendapatkan gelar Sarjana Akuntansi atau S.A.

Prospek Kerja Jurusan Akuntansi

Lulusan jurusan Akuntansi mempunyai prospek kerja yg sangat baik karena bisa masuk di aneka macam jenis perusahaan atau forum, mulai dr negeri hingga swasta. Selain itu, lulusan di jurusan ini dibutuhkan di berbagai bidang berlainan. Beberapa profesi yg bisa dijabat oleh lulusan jurusan Akuntansi antara lain yaitu:

Akuntan Perusahaan

Tugas utama dr seorang akuntan perusahaan adalah untuk membuat pembukuan keuangan. Untuk beberapa jenis perusahaan, jabatan bisa lebih bervariasi tergantung keperluan, misalnya saja akuntan manajer, akuntan publik, atau tangan kanan akuntan.

Internal Auditor

Seorang auditor bertugas untuk memutuskan bahwa laporan keuangan suatu forum atau perusahaan bebas dr penyelewengan. Seseorang dgn jabatan auditor harus mampu melaksanakan penilaian laporan keuangan sekaligus melakukan kenali antara bukti di lapangan dgn data dengan-cara tertulis.

prospek kerja jurusan akuntansi sebagai internal auditor

Sumber gambar: flickr

Financial Planner

Seorang financial planner atau perencana keuangan bisa melakukan pekerjaan dengan-cara mandiri maupun ikut dlm suatu perusahaan. Tugas utama financial planner ialah untuk bikin rencana keuangan mulai dr yg basic hingga yg berhubungan dgn investasi. Profesi ini kian populer seiring dgn meningkatnya kesadaran penduduk akan perencanaan keuangan untuk masa depan.

Keketatan Jurusan Akuntansi di SBMPTN

Universitas Peminat 2020 Daya Tampung 2021
Universitas Indonesia 2307 60
Universitas Gadjah Mada 2108 51
Universitas Brawijaya 1911 118
Universitas Airlangga 1171 67
Universitas Sebelas Maret Surakarta 1898 79
Universitas Diponegoro 1839 86
Universitas Pendidikan Indonesia 1137 36
Universitas Padjadjaran 1690 49
Universitas Negeri Malang 1158 78
Universitas Negeri Yogyakarta 1873 52

Jurusan Psikologi menjadi satu dr lima belas jurusan perguruan tinggi yg paling diminati di Indonesia. Bahkan tingkat kompetisi di jurusan ini pula cukup tinggi, contohnya saja yg terjadi di Universitas Padjajaran pada SNMPTN 2020, meraih 2,20%. Tak heran, alasannya profesi di bidang psikologi kian banyak dicari seiring dgn meningkatnya kesadaran penduduk mengenai kesehatan mental. Bahkan, dikala ini layanan konsultasi psikologi sudah bisa dikerjakan dengan-cara online lewat berbagai media.

Selain itu, rentang pendapatan para profesional di bidang ini pula cukup tinggi, meraih Rp5 hingga Rp15 juta setiap bulan tergantung pada keutamaan & pengalaman. Di jurusan Psikologi, mahasiswa akan mempelajari mengenai sikap dasar insan yg dilihat dr aneka macam faktor, misalnya sosial, biologis, klinis, & pula industri.

Peminatan atau Konsentrasi Jurusan Psikologi

Ada banyak sekali peminatan jurusan Psikologi yg bisa dipilih, antara lain:

Psikologi Klinis

Dalam peminatan Psikologi Klinis, mahasiswa akan mempelajari cara memahami & menanggulangi duduk perkara psikologis individu. Mahasiswa diajarkan untuk mengerti sepenuhnya konsep sehat & sakit yg berkaitan dgn keadaan psikologis seseorang. Selanjutnya, mahasiswa dibimbing untuk bisa melakukan asesmen sehingga mampu mengidentifikasi gangguan psikologis yg dialami seseorang.

Dalam jenjang pendidikan lanjutan atau ahli, Psikologi Klinis dibagi menjadi beberapa kepakaran, seperti Modifikasi Perilaku, Psikologi Kesehatan & Kepribadian, Psikologi Lanjut Usia, Psikologi Perempuan & Gender, serta Manajemen Stres & Relaksasi.

Psikologi Perkembangan

Seperti namanya, peminatan ini mempelajari tentang pertumbuhan psikologis insan mulai dr masa prenatal sampai lanjut usia. Dalam peminatan Psikologi Perkembangan, mahasiswa pula akan mempelajari mengenai pandangan, diskusikan, korelasi sosial, & kognisi dr insan. Dari hal-hal tersebut, mahasiswa akan bisa mengecek persoalan kemajuan psikologis yg dialami seseorang.

Dalam masa ini, keahlian di bidang Psikologi Perkembangan sangat dibutuhkan dlm memeriksa problem psikologis yg dialami oleh anak & remaja. Termasuk pula di dalamnya dilema pengasuhan anak terutama yg berhubungan dgn keadaan mental.

Psikologi Industri & Organisasi

Peminatan Psikologi Industri & Organisasi mengajarkan mahasiswa untuk menerjemahkan data yg diperoleh melalui berbagai metode mirip pengamatan, wawancara, konseling, atau psikoterapi. Data tersebut kemudian diimplementasikan dlm bentuk penerapan etika psikologis di banyak sekali bidang.

Beberapa mata kuliah khusus yg akan dipelajari di peminatan ini antara lain psychodiagnostics, Pengembangan Organisasi, Penilaian Perilaku Manusia dlm Konteks Organisasi, Intervensi Pembangunan Organisasi, serta Kesejahteraan Karyawan di Tempat Kerja.

Psikologi Pendidikan

Dalam peminatan Psikologi Pendidikan, mahasiswa akan mempelajari fenomena & perilaku individu di dlm proses pendidikan. Mahasiswa akan diajarkan untuk membuatkan desain isyarat pembelajaran untuk berbagai tingkatan usia. Kemampuan ini diharapkan bisa menyediakan pendidikan yg sesuai dgn kondisi psikologis anak sehingga hasil yg diraih pula lebih maksimal.

Lebih khusus lagi, nantinya mahasiswa akan bisa memecahkan problem berguru mengajar menurut keadaan psikologis anak, menganalisis dinamika perilaku siswa, menyebarkan tes prestasi, menciptakan teaching methods yg efektif, serta melakukan penelitian di suatu forum pendidikan.

Lihat pula info lengkap jurusan lainnya di Sosiologiku.com:

Jurusan Manajemen

Jurusan Farmasi

Jurusan Sosiologi

Mata Kuliah & Gelar Sarjana Jurusan Psikologi

Tergantung pada kampus & pula peminatannya, mata kuliah jurusan Psikologi akan berlawanan-beda. Namun dengan-cara umum, berikut ini mata kuliah yg akan dipelajari:

  • Ilmu Dasar Sosial
  • Filsafat Ilmu Dasar & Logika
  • Pengantar Ilmu Politik
  • Psikologi Dasar
  • Biopsikologi
  • Literasi Teknologi & Informasi
  • Statistika Dasar
  • Psikologi Sosial
  • Psikologi Perkembangan
  • Psikologi Kognitif
  • Teori Kepribadian
  • Metode Penelitian Kuantitatif Psikologi
  • Psikologi Klinis
  • Psikologi Industri & Organisasi
  • Psikologi Pendidikan
  • Teori Belajar
  • Statistika Inferensial
  • Asesmen Psikologi
  • Diri & Emosi
  • Psikologi Abnormal
  • Modifikasi Perilaku
  • Psikologi Sumber Daya Manusia
  • Psikologi Konseling
  • Intervensi Psikologi
  • Psikometrika
  • Metode Penelitian Eksperimental Psikologi
  • Psikologi Disabilitas
  • Kesehatan Mental
  • Psikologi Anak
  • Psikologi Remaja
  • Psikologi Lingkungan
  • Psikofarmakologi

Lulusan jurusan Psikologi akan mendapatkan gelar Sarjana Psikologi atau S. Psi.

Prospek Kerja Jurusan Psikologi

Lulusan jurusan Psikologi memiliki kesempatan kerja yg sangat bagus karena bisa masuk di banyak sekali jenis perusahaan atau forum, mulai dr negeri hingga swasta. Selain itu, lulusan di jurusan ini dibutuhkan di berbagai bidang berlainan. Beberapa profesi yg bisa dijabat oleh lulusan jurusan Psikologi antara lain ialah:

Staf & Manajemen di Bidang Sumber Daya Manusia

Profesi ini bekerjasama dgn penilaian aksara, kepribadian, & kondisi psikologis calon pekerja di sebuah perusahaan atau forum. Kemampuan lulusan jurusan Psikologi dibutuhkan untuk memutuskan karyawan yg akan diterima telah sesuai dgn kriteria yg diperlukan perusahaan.

prospek kerja jurusan psikologi sebagai staf sdm

Bekerja sebagai staf SDM
Sumber gambar: thejobnetwork.com

Asisten Psikolog atau Psikolog

Untuk menjadi psikolog, lulusan S1 Psikologi mesti menempuh pendidikan S2 sesuai dgn kepakaran yg diinginkan. Dengan pendidikan lanjutan, seorang Psikolog akan diizinkan membuka praktek mampu berdiri diatas kaki sendiri. Sedangkan untuk menjadi asisten psikolog, cukup dgn pendidikan terakhir S1.

Pengajar atau Terapis

Dengan adanya mata kuliah & peminatan Psikologi Pendidikan, lulusan jurusan Psikologi bisa menjadi pengajar maupun terapis di lembaga tertentu. Tugas utamanya yaitu untuk mengajar atau melakukan terapi sesuai dgn keadaan psikologis siswa/pasien. Lulusan jurusan ini pula dapat menjadi Guru Bimbingan Konseling di sekolah.

Keketatan Jurusan Psikologi di SBMPTN

Universitas Peminat 2020 Daya Tampung 2021
Universitas Indonesia 2797 54
Universitas Gadjah Mada 3655 73
Universitas Brawijaya 2160 85
Universitas Airlangga 1993 69
Universitas Sebelas Maret Surakarta 2093 46
Universitas Diponegoro 3538 101
Universitas Pendidikan Indonesia 1715 44
Universitas Padjadjaran 2619 67
Universitas Negeri Malang 1806 95
Universitas Negeri Yogyakarta 2441 34