close

Dampak Positif Dan Negatif Dari Stratifikasi Sosial

efek positif & negatif dr stratifikasi sosial

Pembahasan

Stratifikasi sosial yakni adanya perbedaan tingkatan dr sisi sosial, ekonomi, budaya ataupun politik di setiap individu maupun kelompok yg ada di lingkungan penduduk . Stratifikasi sosial lazimnya bisa terjadi & didasarkan pada seberapakah kekuasaan yg dimiliki oleh individu ataupun kelompok, adanya layanan istimewa pada satu individu/ kelompok yg berlainan dgn individu/kelompok yg lain & sebagainya yg bersifat membedakan. Stratifikasi sosial ini umumnya sering dijumpai. Contohnya ialah seseorang yg ingin lebih berteman dgn orang kaya dibandingkan dengan orang yg tak ada kekayaannya.  

Lalu, bagaimanakah pengaruh aktual yg bisa ditimbulkan oleh stratifikasi sosial? berikut ialah penjelasannya:

– adanya cita-cita yg tertanam di individu buat bersaing untuk berpindah ke kelompok ataupun kasta yg lebih baik. Yang biasanya keinginan ini disebabkan lantaran stratifikasi sosial yg sifatnya membedakan setiap individu. Membuat individu yg merasa tak adil mencoba untuk berupaya keras & ingin meraih prestasi demi cita-cita diperlakukan lebih adil.

– Adanya langkah-langkah yg mampu dikerjakan untuk menghilangkan kesenjangan sosial mirip dgn cara meningkatkan pemerataan pembangunan disetiap wilayah. Dengan adanya langkah-langkah dlm menetralisir kesenjangan sosial, maka dibutuhkan keadaan mampu kembali stabil.

Dampak negatif dr Stratifikasi sosial antara lain adalah:

Konflik  Antar Kelas. Mengingat bahwa stratifikasi sosial yg bisa membedakan & membagikan tingkatan yg masing-masing berlainan. Bisa saja, hal ini bisa mengakibatkan terjadinya perbedaan kepentingan bagi setiap tingkatan & menjadikan konflik antar kelompok. Konflik-pertentangan yg berlangsung akan sangat merugikan kesejahteraan tentu saja disuatu negara.

  6 Jenis Nilai Seni dan Contohnya

Konflik Antar Kelompok Sosial. Tatkala adanya perbedaan antar kelompok sosial terjadi. Maka, mampu saja memunculkan niat yg jelek yg berupa niat untuk menguasai kelompok lain dengan-cara dgn menggunakan paksaan yg berakibat mampu menciptakan konflik yg bisa memicu rusuh.

Konflik Antar Generasi. Generasi Muda & Generasi Tua pasti akan berbeda. Dan masing-masing mempunyai tujuan yg berlainan & kepentingan berbeda. Tatkala ada saatnya generasi muda yg ingin mengganti & generasi bau tanah yg tetap ingin mempertahankan nilai-nilai lamanya. Maka, hal ini bisa menjadikan konflik antara generasi muda & generasi renta.  

Pelajari Lebih Lanjut

Tentang hal-hal yg berhubungan dapat disimak pula di:

  • Sebutkan lima pola tanda-tanda sosial yg menjadi objek kajian sosiologi: https://sosiologiku.com/tugas/23957554
  • Gejala Sosial
    : sosiologiku.com/tugas/14501263
  • Faktor Gejala sosial: sosiologiku.com/tugas/4898078

Detail Jawaban

Mata Pelajaran : Sosiologi

Kelas : XI

Kategori : Stratifikasi Sosial

Kata kunci : pengertian stratifikasi sosial, imbas stratifikasi sosial

Kode kategorisasi : 11.20.2

≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡

#OptiTeamCompetition

#AprilMay2020

#TingkatkanPrestasimu

Sebutkan imbas nyata & dampak negatif dr stratifikasi sosial!

pengaruh positifnya orang-orang akan berusaha berprestasi atau berusaha untuk maju karena ada kesempatan untuk pindah strata
sedangkan efek negatifnya
1. konflik antar kelas
2. pertentangan antar kelompok sosial
3. konflik antar generasi

Dampak faktual & negatif stratifikasi sosial adonan

Dampak nyata
Membuka peluang bagi penduduk dr ras, agama, & agama apapun untuk tetap maju & memotivasi untuk meningkatkan kemakmuran negara.
Menunjukkan bahwa perbedaan suku & agama bukan merupakan penghalang dr persatuan suatu masyarakat.
Meningkatnya pemerataan pembangunan dr setiap daerah lantaran adanya motivasi untuk melenyapkan kesenjangan sosial akhir stratifikasi sosial.
Dampak negatif
Munculnya pertentangan dr berbagai kelompok karena adanya kesenjangan sosial yg tinggi antara sub krlompok masyarajat yg dibedakan berdasarkan profesi atau pendapatan.
Munculnya arogansi & gengsi dr penduduk kalangan atas sehingga terjadi jarak di mana orang kaya akan makin kaya, & terjadi sebaliknya.
Membuka peluang terjadinya perang kerabat apabila pertentangan semakin rumit & tak segera diurus oleh pemerintah.

dampak konkret stratifikasi sosial dlm masyarakat yaitu​

Jawaban:

Dampak Positif Stratifikasi Sosial Masyarakat

Muncul sebuah kemauan dr individu dlm masyarakat untuk berkompetisi berpindah ke tingkatan yg lebih tinggi, sehingga individu lebih bekerja keras untuk menciptakan sebuah prestasi.

Penjelasan:

stratifikasi sosial ialah perbedaan vertikal yg memicu munculnya hierarki & kelas-kelas sosial di masyarakat. Stratifikasi sosial di penduduk ditentukan oleh sesuatu yg dihargai oleh masyarakat.

efek faktual stratifikasi sosial

Dampak faktual Stratifikasi Sosial
Orang-orang akan berusaha untuk berprestasi atau berusaha untuk maju karena adanya kesempatan untuk pindah strata. Kesempatan ini mendorong orang untuk mau bersaing, & bersusah payah agar mampu naik ke strata atas.