Dampak perubahan sosial budaya terhadap pendidikan

Dampak perubahan sosial budaya terhadap pendidikan dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu positif dan negatif. Perubahan sosial selalu terjadi di masyarakat. Perubahan ini tidak dapat dihindari, karena manusia, makhluk sosial, terus berkembang dan berjuang untuk kehidupan yang lebih baik. Selain itu, perubahan sosial juga mencakup spektrum yang luas.

Dampak perubahan sosial budaya terhadap pendidikan
contoh: Sekolah via zoom
karena efek covid19

Sosiolog William Ogburn berpendapat bahwa ruang lingkup perubahan sosial dapat mencakup unsur-unsur budaya baik material maupun non-material. Namun, dipahami bahwa substansi materi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap materi.

Selain itu, sosiolog Indonesia Selo Somarjan juga berpendapat bahwa perubahan sosial dapat mempengaruhi banyak aspek masyarakat, termasuk nilai, sikap, dan perilaku.

Baca Juga:

Strategi dan Perubahan Sosial (2016: 37-39) Merujuk pada buku karya Indradin dan Irwan, ada 3 dimensi dalam perubahan sosial. Ketiganya adalah struktur sosial, interaksi sosial, dan budaya.

Itulah sebabnya istilah perubahan sosial budaya mengacu pada perubahan struktur sosial dan pola budaya dalam suatu masyarakat. Istilah perubahan sosial budaya digunakan untuk mencakup perubahan tingkat kehidupan sosial dan budaya.

Pendidikan merupakan salah satu bidang kehidupan yang dapat sangat dipengaruhi oleh perubahan sosial budaya. Efek yang terlihat bisa negatif dan positif.

  Konflik Struktural Fungsional Perubahan Sosial

Di sisi lain, Ridwan Idris, mengacu pada ulasan dalam Jurnal Lentera Pendidikan (Vol. 14, No. 2, 2011) yang berjudul “Perubahan sosial budaya dan ekonomi Indonesia dan dampaknya terhadap pendidikan”, hubungan terbalik dapat terjadi di antara mereka. . Kedua sektor.

Sebagaimana disebutkan dalam modul Sosiologi yang diterbitkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada edisi 2019 dan 2020, dampak dari beberapa perubahan sosial budaya di bidang pendidikan, serta review dalam Jurnal Al-Iktibar (Vol. 5, No. .2, 2018).

Dampak positif terhadap pendidikan;

Tingkat pendidikan formal semakin meningkat dan akses pendidikan juga semakin meningkat.Dengan meningkatnya kualitas pendidikan, semakin siap menghadapi perubahan sosial budaya adalah munculnya budaya ilmiah akibat peningkatan kualitas pendidikan. Ilmuwan tumbuh dan berkembang.

Dampak negatif pada pendidikan:

Perkembangan teknologi khususnya di bidang komunikasi dan informasi dapat berdampak negatif terhadap kualitas pendidikan jika tidak diharapkan.