Bagaimana Kehidupan Budaya Dayak Iban – Batak 1890an – 30?

Pelajari penduduk suku Adat di Kalimantan, dengan-cara khusus di Kalimantan Barat & Jakarta, menjadi bagian dr aspek kehidupan sosial budaya & agama yg melekat pada dinamika sosial & seksualitas yg berawal dr sebuah ruang romantic suatu korelasi antar manusia.

Tetapi, tatkala hal ini berada pada keadaan yg tak baik contohnya hasil dr buah asumsi & pemikiran sebuah ilmu wawasan menjadi dasar dr aspek kehidupan ekonomi mereka untuk bertahan hidup dgn aneka macam daerah yg ada di Lokal,  Indonesia.

Budaya makan orang lebih bringas ialah suku Batak – Dayak Iban (makan orang & penggal kepala) pada masa kolonial Belanda, & mampu dijumpai di pedalaman Kapuas hulu. Hal ini lebih menyeramkan dr pulau Jawa tatkala itu 1880an -1930an. Bagaimana mereka hidup dgn budaya, & asimilasi serta mata pencaharian mereka yg selalu jail dlm kehidupan sosial mereka tatkala itu.

Hal ini berpengaruh pada kebudayaan setempat yg berada suatu penduduk dengan-cara lazim, dgn menempel pada metode ekonomi Tionghoa Kemerdekaan – Reformasi tatkala itu, Persoalan yg berada pada sebuah pergeseran sosial yg baik dimengerti yaitu, evolusi manusia berasal dr asimilasi budaya dengan-cara faktual.

Dengan berbagai faktor kehidupan sosial budaya & agama yg menempel pada faktor kehidupan sosial budaya, & tata cara kelas sosial pada budaya Indonesia akan sungguh berlawanan dgn budaya diberbagai Negara.

Dengan begitu, berbagai hal terkait pencaharian kesempatan dlm suatu fikiran manusia, hingga meraih dilemma kehidupan mereka selaku orang Indonesia, pada tata cara ekonomi di Indonesia, menjadi dasar dr sifat insan terhadap sistem ekonomi diperkotaan.

  Gambar 3 Bagian Stratifikasi Sosial Diantara Stratifikasi Terbuka Tertutup Dan Stratifikasi Campuran

Ketika hal ini menjelaskan banyak sekali hal terkait insan itu pada tatanan ekonomi, menempel pada kebudayaan Tionghoa – pertolongan dibalik tembok agama Budha – Nasrani – & Protestan sudah menjelaskan banyak sekali awal dr kehidupan penduduk Tionghoa Khen – Tiochu sampai saat ini yg berada pada keadaan budaya berbeda kepada kelas sosial masyarakat di Jakarta.

Persaingan kelas sosial menjadi bagian dr kehidupan budaya Batak – Jawa & agama tatkala itu hingga dikala ini, mempunyai tata cara budaya  yg masih dipraktekkan sebagai bagian dr asimilasi kepada agama yg berada pada duduk perkara pertentangan sosial, & kekerasan khususnya pada tata cara seksualitas Rumah Tangga (masih bernafsu) bagian terkecil, termasuk budaya asimilasi yg tercatat begitu apik 1930an  -1980an, Jakarta  – Pontianak.