close

Berikut Saluran Mobilitas Sosial Kecuali

berikut akses mobilitas sosial kecuali

Bismillahirrahmanirrahim

ada pilgan nya gak?

Saluran Mobilitas :
-Pendidikan
-Organisasi Politik
-Organisasi Ekonomi
-Organisasi Profesi

Semoga berguna, jadikan tanggapan terbaik yaa!

Dibawah ini susukan mobilitas sosial kecuali

Jawaban:

Saluran mobilitas sosial meliputi

a. Angkatan bersenjata

b. Lembaga2 keagamaan

c. Lembaga pendidikan

d. Organisasi politik

e. Organisasi ekonomi

f. Organisasi keterampilan

g. Saluran perkawinan

Di bawah ini adalah beberapa contoh akses mobilitas sosial kecuali

mana pertanyaan nya?

Penjelasan:

umumnya pertanyaan kayak gitu ada pilihannya gak sih

di bawah ini ialah saluran susukan yang mampu memengaruhi mobilitas sosial kecuali,…

a.perkawinan

b.organisasi

c.sekolah

d.politik

Jawaban:

A. perkawinan

maaf kalo salah

berikut saluran mobilitas sosial kecuali

Berikut saluran mobilitas sosial, kecuali ….

a. angkatan bersenjata

b. forum-forum keagamaan

c. forum pendidikan

d. forum pemasyarakatan

Pembahasan

Mobilitas sosial (gerakan sosial) yaitu perubahan, perubahan, peningkatan, atau penurunan status dan peran anggotanya. Dari arah pergerakannya, mobilitas sosial terdapat dua bentuk yaitu mobilitas sosial vertikal dan mobilitas sosial horizontal. Mobilitas sosial vertikal dibedakan menjadi social sinking (mobilitas vertikal ke bawah) dan social climbing (mobilitas vertikal ke atas). Sedangkan mobilitas sosial horizontal dibedakan menjadi mobilitas sosial antarwilayah dan mobilitas antargenerasi.

Menurut Ptirim A Sorokin, mobilitas sosial mampu dilakukan melalui beberapa terusan ialah angkatan bersenjata, lembaga pendidikan, organisasi politik, forum keagamaan, organisasi ekonomi, organisasi profesi, perkawinan, organisasi keolahragaan, serta organisasi pemerintahan dan swasta.

a. Angkatan bersenjata

Bagi seseorang yang tergabung dalam angkatan bersenjata lazimnya ikut berjasa dalam membela bangsa, sehingga dengan jasa tersebut dia mendapatkan sejumlah penghargaan dan dapat naik ke status yang lebih tinggi

b. Lembaga pendidikan (sekolah)

Lembaga pendidikan menjadi akses mobilitas sosial vertikal yang paling kerap digunakan dan lebih banyak didominasi di penduduk . Melalui pendidikan, seseorang dari status sosial rendah mampu menaikkan status sosialnya.

c. Organisasi politik

Organisasi politik berperan besar dalam membentuk sebuah pemimpin di suatu negara demokratis. Orang yang sebelumnya tidak mempunyai jabatan selaku pemimpin dapat dijadikan seorang pemimpin jika kebijakan dan acara kerja pro terhadap kepentingan bangsa dan negara.

d. Lembaga keagamaan

sesemua pemimpin agama pada dasarnya ialah orang-orang yang telah mengalami mobilitas vertikal dalam hierarki sosial masyarakat pemuka agama yang bersangkutan. Mula-mula mereka yakni pemeluk biasa, sesudah meraih tingkat tertentu dalam pendalaman ilmu agama serta kesalehannya, maka terjadilah mobilitas sosial. Orang yang sukses memenuhi patokan tertentu akan mencapai kedudukan terhormat di antara pengikut pengikut lainnya.

e. Organisasi ekonomi

Organisasi ekonomi merupakan susukan terbesar dari semua akses mobilitas yang ada sebab di masyarakat ada banyak organisasi ekonomi. Setiap acara yang bergerak di sektor ekonomi dalam bentuk dan ukuran apapun dapat digolongkan organisasi ekonomi. seorang pramusaji toko yang mempunyai prestasi dan cara kerja yang anggun tidak menutup kemungkinan ia akan menduduki jabatan supervisor di daerah ia melakukan pekerjaan . Sebaliknya,seseorang yang memiliki jabatan selaku manajer toko akan berubah statusnya menjadi pramusaji toko.

f. Organisasi profesi

Organisasi profesi yang mampu dijadikan sebagai terusan mobilitas vertikal antara lain Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), dll.

g. Perkawinan

Melalui perkawinan seseorang mampu menaikkan statusnya. Misal, seorang perempuan yang berasal dari keluarga umummenikah dengan laki-laki status sosial ekonominya lebih tinggi. Hal ini dapat mengakibatkan naiknya status sosial wanita tersebut.

h. Organisasi keolahragaan

Organisasi kemampuan mampu menjadi sebuah wadah yang dapat menampung individu-individu dengan masing-masing keahliannya untuk diperkenalkan ke dalam masyarakat. Contohnya yaitu himpunan sarjana ilmu pengetahuan, kesatuan sastrawan, dan organisasi pelukis.

i. Organisasi pemerintah dan swasta

Organisasi pemerintahan mencakup semua badan milik pemerintah, mirip banyak sekali kementerian dalam struktur pemerintahan dan kantor-kantor dinas yang menanggulangi permasalahan tertentu dalam pemerintahan. Organisasi swasta dasarnya nyaris sama dengan organisasi pemerintahan, bentuknya dapat berbentukperusahaan, koperasi, dll. Apabila seseorang yang periode pengabdiannya dalam organisasi menunjukkan kesetiaan, pengabdian, dan berprestasi baik, maka dia akan dipromosikan untuk menduduki jabatan yang lebih tinggi. Karena jarang sekali orang pribadi menduduki jabatan tinggi.

Pelajari lebih lanjut

  • Yang dimaksud mobilitas sosial : https://brainly.co.id/tugas/17594942
  • Mobilitas yang mengganti status sosial … mulai dari lahir hingga meninggal dunia : https://brainly.co.id/peran/20863111
  • seseorang yang mengalami perubahan posisi dari … mengalami mobilitas sosial dalam bentuk : https://brainly.co.id/tugas/35750073
  • Contoh mobilitas vertikal dan mobilitas horizontal : https://brainly.co.id/tugas/32084416
  • Perbedaan mobilitas vertikal dan mobilitas horizontal : https://brainly.co.id/peran/12019825

Detail Jawaban

Mapel : Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas : 7

Materi : Dinamika interaksi insan

Kode soal : 10

Kode kategorisasi : 7.10.4

Kata kunci : Mobilitas Sosial, saluran mobilitas sosial.

  Pengertian Industri Kecil, Ciri, Manfaat, dan Contohnya