close

Contoh Klasifikasi Pranata Sosial

 EMYWIDNYANIBerikut ini ialah beberapa Klasifikasi Pranata Sosial Menurut Koentjarainingrat, dalam kehidupan penduduk , aneka macam terdapat pranata sosial. Penganekaragaman pranata-pranata sosial tersebut berlawanan-beda antara orang satu dengan yang Iainnya. Menurut Koentjarainingrat, ada delapan macam pranata sosial, yakni sebagai berikutPranata sosial yang bermaksud memenuhi keperluan kehidupan korelasi, misalnya keluargaPranata sosial yang bermaksud memenuhi keperluan insan untuk matapencaharian, contohnya pertanian.Pranata sosial yang bertujuan memenuhi keperluan pendidikan, misalnya Taman Kanak-kanak,Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan SMA.Pranata sosial yang bermaksud memenuhi kebutuhan ilmiah manusia, contohnya i1mu pengetahuan.Pranata sosial yang bermaksud memenuhi keperluan rohanil batiniah dalammenyatakan rasa keindahan dan wisata, misalnya seni rupa, seni lukis.Pranata sosial yang bermaksud memenuhi kebutuhan manusia untuk berafiliasi dengan Tuhan atau alam mistik, contohnya masjid, gereja, pura,wihara.Pranata sosial yangbertujuan memenuhikebutuhan untuk mengatur kehidupan berkelompk-kelompok/bernegara, misalnya pemerintahan, partai politik.Pranata sosial yang bertujuan mengorganisir keperluan jasmani rnanusia, misalnyapemeliharaan kesehatan dan keelokanCiri ciri Keluarga – 

sebutkan 5 klasifikasi pranata sosial

Pranata sosial yang bermaksud memenuhi keperluan kehidupan kekerabatan, misalnya keluarga
Pranata sosial yang bermaksud memenuhi keperluan insan untuk matapencaharian, misalnya pertanian.
Pranata sosial yang bermaksud memenuhi keperluan pendidikan, contohnya TK,Sekolah Dasar, SMP, dan Sekolah Menengan Atas.
Pranata sosial yang bertujuan menyanggupi keperluan ilmiah manusia, misalnya i1mu pengetahuan.
Pranata sosial yang bertujuan memenuhi keperluan rohanil batiniah dalammenyatakan rasa keindahan dan wisata, contohnya seni rupa, seni lukis.

Mengapa pranata sosial diklasifikasikan dalam beberapa bentuk?

Karena pranata sosial yakni norma /aturan mengenai suatu aktifitas sehingga diklasifikasikan dari beberapa bentuk.maaf klo masih salah

jelaskan pembagian terstruktur mengenai pranata sosial

Pranata sosial yang bermaksud memenuhi keperluan kehidupan hubungan, misalnya keluarga
Pranata sosial yang bertujuan memenuhi kebutuhan manusia untuk matapencaharian, contohnya pertanian.
Pranata sosial yang bertujuan menyanggupi keperluan pendidikan, misalnya TK,Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan SMA.
Pranata sosial yang bertujuan menyanggupi kebutuhan ilmiah insan, misalnya i1mu wawasan.
Pranata sosial yang bermaksud memenuhi kebutuhan rohanil batiniah dalammenyatakan rasa keindahan dan wisata, contohnya seni rupa, seni lukis.

Mengapa pranata sosial diklasifikasikan dalam beberapa bentuk?

sebab terdiri dari beberapa norma

  PERGERAKAN NASIONAL DI INDONESIA