close

Contoh Stratifikasi Sosial Dampak Negatif Dan Positif Masing 3​

teladan stratifikasi sosial dampak negatif dan kasatmata masing 3​

bagaimanakah pengaruh nyata yang mampu ditimbulkan oleh stratifikasi sosial? berikut yaitu penjelasannya:

– adanya keinginan yang tertanam di individu buat bersaing untuk berpindah ke kelompok ataupun kasta yang lebih baik. Yang biasanya cita-cita ini disebabkan karena stratifikasi sosial yang sifatnya membedakan setiap individu. Membuat individu yang merasa tidak adil menjajal untuk berupaya keras dan ingin mencapai prestasi demi cita-cita diperlakukan lebih adil.

– Adanya langkah-langkah yang bisa dilaksanakan untuk menghilangkan kesenjangan sosial mirip dengan cara mengembangkan pemerataan pembangunan disetiap kawasan. Dengan adanya tindakan dalam menetralisir kesenjangan sosial, maka dibutuhkan keadaan bisa kembali stabil.

Dampak negatif dari Stratifikasi sosial antara lain yaitu:

– Konflik Antar Kelas. Mengingat bahwa stratifikasi sosial yang mampu membedakan dan membagikan tingkatan yang masing-masing berbeda. Bisa saja, hal ini mampu menyebabkan terjadinya perbedaan kepentingan bagi setiap tingkatan dan menimbulkan konflik antar golongan. Konflik-konflik yang berjalan akan sungguh merugikan kemakmuran pastinya disuatu negara.

– Konflik Antar Kelompok Sosial. Ketika adanya perbedaan antar kalangan sosial terjadi. Maka, mampu saja memunculkan niat yang buruk yang berbentukniat untuk menguasai kalangan lain secara dengan menggunakan paksaan yang berakibat bisa menciptakan konflik yang mampu mengakibatkan rusuh.

  Pola Produksi Pada Masyarakat Meramu Dan Berburu

– Konflik Antar Generasi. Generasi Muda dan Generasi Tua pasti akan berlawanan. Dan masing-masing memiliki tujuan yang berlawanan dan kepentingan berlainan. Ketika ada saatnya generasi muda yang ingin mengubah dan generasi tua yang tetap ingin mempertahankan nilai-nilai lamanya. Maka, hal ini bisa menjadikan pertentangan antara generasi muda dan generasi tua.

Dampak konkret dan negatif stratifikasi sosial adonan

Dampak faktual
Membuka kesempatan bagi penduduk dari ras, agama, dan agama apapun untuk tetap maju dan memotivasi untuk memajukan kemakmuran negara.
Menunjukkan bahwa perbedaan suku dan agama bukan ialah penghalang dari persatuan sebuah masyarakat.
Meningkatnya pemerataan pembangunan dari setiap tempat alasannya adalah adanya motivasi untuk melenyapkan kesenjangan sosial akhir stratifikasi sosial.
Dampak negatif
Munculnya pertentangan dari berbagai kelompok alasannya adanya kesenjangan sosial yang tinggi antara sub krlompok masyarajat yang dibedakan menurut profesi atau pemasukan.
Munculnya kesombongan dan gengsi dari penduduk golongan atas sehingga terjadi jarak di mana orang kaya akan makin kaya, dan terjadi sebaliknya.
Membuka kesempatan terjadinya perang saudara jika konflik kian rumit dan tidak segera diurus oleh pemerintah.

Bagaimana persepsi kalian ihwal stratifikasi sosial?apakah memiliki dampak faktual atau negatif?jelaskan usulan kalian!

negatif sebab persepsi kita selalj ada di bawah

Sebutkan dampak faktual dan pengaruh negatif dari stratifikasi sosial!

efek positifnya orang-orang akan berupaya berprestasi atau berusaha untuk maju alasannya adalah ada peluang untuk pindah strata
sedangkan pengaruh negatifnya
1. pertentangan antar kelas
2. konflik antar golongan sosial
3. pertentangan antar generasi

pengaruh kasatmata dan negatif dari stratifikasi sosial

Pembahasan

Stratifikasi sosial yaitu adanya perbedaan tingkatan dari segi sosial, ekonomi, budaya ataupun politik di setiap individu maupun golongan yang ada di lingkungan penduduk . Stratifikasi sosial lazimnya bisa terjadi dan didasarkan pada seberapakah kekuasaan yang dimiliki oleh individu ataupun golongan, adanya layanan istimewa kepada satu individu/ kelompok yang berlainan dengan individu/kalangan yang lain dan sebagainya yang bersifat membedakan. Stratifikasi sosial ini biasanya sering ditemui. Contohnya ialah seseorang yang ingin lebih berteman dengan orang kaya daripada orang yang tidak ada kekayaannya.  

  Keademan Bersama Untuk Sebuah “Istilah”

Lalu, bagaimanakah pengaruh konkret yang mampu ditimbulkan oleh stratifikasi sosial? berikut yaitu penjelasannya:

– adanya harapan yang tertanam di individu buat bersaing untuk berpindah ke kelompok ataupun kasta yang lebih baik. Yang umumnya impian ini disebabkan sebab stratifikasi sosial yang sifatnya membedakan setiap individu. Membuat individu yang merasa tidak adil menjajal untuk berusaha keras dan ingin mencapai prestasi demi keinginan diperlakukan lebih adil.

– Adanya tindakan yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kesenjangan sosial seperti dengan cara memajukan pemerataan pembangunan disetiap kawasan. Dengan adanya tindakan dalam menghilangkan kesenjangan sosial, maka diperlukan kondisi mampu kembali stabil.

Dampak negatif dari Stratifikasi sosial antara lain yaitu:

Konflik  Antar Kelas. Mengingat bahwa stratifikasi sosial yang bisa membedakan dan membagikan tingkatan yang masing-masing berlawanan. Bisa saja, hal ini bisa menyebabkan terjadinya perbedaan kepentingan bagi setiap tingkatan dan menyebabkan pertentangan antar kelompok. Konflik-konflik yang berlangsung akan sangat merugikan kesejahteraan pastinya disuatu negara.

Konflik Antar Kelompok Sosial. Ketika adanya perbedaan antar kelompok sosial terjadi. Maka, bisa saja memunculkan niat yang jelek yang berupa niat untuk menguasai kalangan lain secara dengan menggunakan paksaan yang berakibat bisa membuat pertentangan yang mampu menyebabkan rusuh.

Konflik Antar Generasi. Generasi Muda dan Generasi Tua niscaya akan berbeda. Dan masing-masing memiliki tujuan yang berlawanan dan kepentingan berbeda. Ketika ada saatnya generasi muda yang ingin mengubah dan generasi tua yang tetap ingin menjaga nilai-nilai lamanya. Maka, hal ini mampu menjadikan pertentangan antara generasi muda dan generasi bau tanah.  

Pelajari Lebih Lanjut

Tentang hal-hal yang berhubungan dapat disimak juga di:

  • Sebutkan lima pola gejala sosial yang menjadi objek kajian sosiologi: https://brainly.co.id/peran/23957554
  • Gejala Sosial
    : brainly.co.id/peran/14501263
  • Faktor Gejala sosial: brainly.co.id/peran/4898078

Detail Jawaban

Mata Pelajaran : Sosiologi

Kelas : XI

Kategori : Stratifikasi Sosial

Kata kunci : pemahaman stratifikasi sosial, dampak stratifikasi sosial

Kode kategorisasi : 11.20.2

≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡

#OptiTeamCompetition

#AprilMay2020

#TingkatkanPrestasimu