close

Dampak Positif Perubahan Sosial Dibidang Teknologi

dampak positif perubahan sosial dibidang teknologi

Teknologi semakin mutakhir dan makin meningkat pesat

modernisasi dan pergantian sosial budaya bidang teknologi

Contohnya
– Perubahan cara membajak sawah dari menggukan kerbau menjadi mesin pembajak.
– Perubahan cara menangkap ikan dari tradisional sampai memakai bom yang membahayakan ekosistem.
– Perubahan cara menghalau hama, dengan cara tradisional menjadi memakai pestisida

Jangan lupa memilih tanggapan tercerdas yaaa;)
Semoga membantuuu

pergantian sosial dalam bidang teknologi dan politik

1. Dampak Positif

Teknologi yang meningkat pesat, baik teknologi info, komunikasi, maupun transportasi. Sehingga orang dapat berhubungan melewati batasan negara. Lebih lanjut dampak nyata teknologi informasi dan komunikasi di bidang ekonomi ialah :

a. Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi

b. Terjadinya industrialisasi

c. Produktifitas dunia industri semakin meningkat.

Kemajuan teknologi akan memajukan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari faktor teknologi industri maupun pada faktor jenis buatan. Investasi dan reinvestasi yang berjalan secara besar-besaran yang akan makin meningkatkan produktivitas dunia ekonomi.

Di kurun depan, pengaruh kemajuan teknologi di dunia industri akan makin penting. Tanda-tanda sudah memperlihatkan bahwa akan secepatnya muncul teknologi bisnis yang memungkinkan konsumen secara individual melaksanakan kontak langsung dengan pabrik sehingga pelayanan mampu dijalankan secara eksklusif dan selera individu dapat dipenuhi, dan yang lebih penting pelanggan tidak perlu pergi ke toko.

d. Persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk selalu memperbesar skill dan wawasan yang dimiliki.

  8 Permasalahan Sosial Akibat Globalisasi di Masyarakat dan Contohnya Lengkap

Kecenderungan kemajuan teknologi dan ekonomi, akan mempunyai efek pada penyerapan tenaga kerja dan kualifikasi tenaga kerja yang dibutuhkan. Kualifikasi tenaga kerja dan jumlah tenaga kerja yang diharapkan akan mengalami pergantian yang cepat. Akibatnya, pendidikan yang dibutuhkan ialah pendidikan yang menciptakan tenaga kerja yang mampu mentransformasikan pengetahuan dan skill sesuai dengan tuntutan keperluan tenaga kerja yang berganti tersebut.

e. Di bidang kedokteran dan kemajauan ekonomi bisa mengakibatkan produk kedokteran menjadi komoditi.

2. Dampak Negatif

Di bidang teknologi terjadi penyalahgunaan fungsi teknologi untuk hal-hal yang melanggar norma, mirip video porno yang direkam via handphone, atau masalah penipuan via internet.

Dampak Positif Teknologi Informasi dalam Politik 

 Kegiatan politik yang memakai teknologi info mempunyai laba yang sangat besar diantaranya :

 

Bidang Sosial dan Budaya

Akibat kemajuan Teknologi bisa kita lihat :

1.Perbedaan kepribadian laki-laki dan wanita. Banyak pakar yang beropini bahwa sekarang semakin besar takaran wanitayang memegang posisi sebagai pemimpin, baik dalam dunia pemerintahan maupun dalam dunia bisnis. Bahkanperubahan sikap ke arah sikap yang sebelumnya merupakan pekerjaan pria makin menonjol. Data yangtertulis dalam buku Megatrend for Women:From Liberation to Leadership yang ditulis oleh Patricia Aburdene & John Naisbitt (1993) menawarkan bahwa tugas wanita dalam kepemimpinan semakin membesar. Semakin banyak wanitayang memasuki bidang politik, sebagai anggota dewan legislatif, senator, gubernur, menteri , dan berbagai jabatan pentinglainnya.

2.Meningkatnya rasa percaya diri. Kemajuan ekonomi di negara-negara Asia melahirkan fenomena yang menarik.Perkembangan dan pertumbuhan ekonomi telah mengembangkan rasa percaya diri dan ketahanan diri sebagai suatubangsa akan makin kokoh. Bangsa-bangsa Barat tidak lagi dapat melecehkan bangsa-bangsa Asia.

3.Tekanan, persaingan yang tajam di banyak sekali aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi, akan melahirkangenerasi yang disiplin , bersungguh-sungguh dan pekerja keras

Meskipun demikian Kemajuan Teknologi akan besar lengan berkuasa Negatif pada aspek budaya:

1.Kemerosotan watak di kelompok warga penduduk , utamanya di kalangan sampaumur dan pelajar. Kemajuan kehidupanekonomi yang terlalu menekankan pada upaya pemenuhan berbagai keinginan material, telah menjadikan sebagian warga masyarakat menjadi “kaya dalam materi tetapi miskin dalam rohani”.

2.Kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan sampaumur semakin meningkat makin lemahnya kewibawaan tradisi-tradisi yang ada di masyarakat, seperti gotong royong dan gotong royong sudah melemahkan kekuatan-kekuatan sentripetal yang berperan penting dalam menciptakan kesatuan sosial. Akibatnya mampu dilihat bersama, kenakalan dan tindak menyimpang di kelompok remaja dan pelajar semakin meningkat dalam banyak sekali bentuknya, mirip pertengkaran, corat-coret, pelanggaran kemudian lintas sampai tindak kejahatan.

3.Pola interaksi antar manusia yang berubah kedatangan komputer pada kebanyakan rumah tangga golonganmenengah ke atas sudah merubah contoh interaksi keluarga. Komputer yang disambungkan dengan telpon telahmembuka kesempatan bagi siapa pun untuk berafiliasi dengan dunia luar. Program internet relay chatting (IRC) , internet, dan e-mail telah membuat orang asyik dengan kehidupannya sendiri. Selain itu tersedianya berbagaiwarung internet (WARNET) sudah memberi potensi  kepada banyak orang yang tidak memiliki komputer dan saluraninternet sendiri untuk berkomunikasi dengan orang lain melalui internet. Kini semakin banyak orang yangmenghabiskan waktunya sendirian dengan komputer.  Melalui    program internet relay chatting (IRC) bawah umur bisaasyik berbincang-bincang dengan sahabat dan orang aneh kapan saja.

 

teladan pergeseran sosial di bidang teknologi

Banyak penggunaan handphone selaku alat komunikasi

apa yang terjadi apabila tidak ada pergantian sosial dalam bidang teknologi

yg terjadi jikalau tidak ada perubahan sosial dibidang teknologi yakni kita tidak dapat menggunakan teknologi padahal dengan adanya teknologi kita mampu mengakses dengan mudah dan memudahkan komunikasi

  Social Justice “Refleksi di Tingkat Akar Rumput”