close

Fungsi Kontrol Pada Pers Mempunyai Tujuan Apa

fungsi kontrol pada pers mempunyai tujuan apa

Untuk membantu dalam melakukan pers

jelaskan tujuan fungsi pers sebagai kontrol sosial

Dalam fungsinya selaku  kontrol sosial, persmengandung makna demokratis yang memiliki unsur: (1) sosial participation, ialah keikutsertaan rakyat dalam pemerintahan; (2) social responsibility, yakni pertanggung jawaban pemerintah terhadap rakyat; (3) socialsupport, adalah sumbangan rakyat kepada pemerintah; serta (4)

fungsi kendali sosial dalam pers memiliki tujuan

untuk mengikutsertakan rakyat dalam pemerintahan

Apa tujuan dari kontrol sosial pers

PERS SEBAGAI KONTROL SOSIAL

Di negara-negara maju, pers tidak cuma berfungsi dalam kaitan dengan berita belaka, melainkan juga telah menjadi kekuatan keempat (fourth estate).

Dalam pertumbuhan pers di seluruh dunia, pers sangat berperan sebagai alat perubahan sosial dan alat pembaharuan penduduk . Tak mampu disangkal, pers sungguh berperan dalam pembentukan usulan lazim. Hal yang paling sederhana terjadi yaitu pemberitaan wacana rekaman video Briptu Norman Kamaro yang membentuk pertimbangan lazim. Lebih jauh lagi, pers mempunyai peranan yang sungguh besar dalam melaksanakan kontrol sosial; utamanya di negara yang menerapkan sistem pemerintahan demokratis.

Pelaksanaan fungsi kendali sosial oleh pers sebagian besar ditujukan terhadap pemerintah dan abdnegara negara. Karenanya, fungsi ini senantiasa membela kepentingan masyarakat (watch dog of the public interest). Namun, sebenarnya kendali sosial ini juga dapat diberikan kepada penduduk sebagai bagian dari sistem kemasyarakatan.

Kontrol sosial pers merupakan salah satu fungsi pers yang sangat penting khususnya di negara yang menerapkan sistem pemerintahan yang demokratis. Fungsi pers sebagai fasilitas kendali sosial berikutnya dinyatakan tegas oleh pemerintah dalam UU Pers No. 40 tahun 1999.  Melalui pasal 3 ayat (1), pers nasional berfungsi sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, dan kontrol sosial.  Itu bermakna selain sebagai media yang memiliki kebebasan untuk mencari dan membuatkan info, pers juga memikul tanggung jawab selaku penjaga demokrasi dengan aktif melaksanakan pengawasan kepada lingkungan di manapun ia berada.

Di Indonesia, kebanyakan pelaksanaan kontrol sosial lebih diarahkan pada pemerintah dan aparatnya sebab terkait dengan persoalan pembangunan. Misalnya, pembangunan tol tengah di kota Surabaya ataupun pembangunan gedung gres dewan perwakilan rakyat-RI.

fungsi kontrol sosial dalam pers memiliki tujuan

Media Massa atau Pers memiliki peran penting dalam era demokrasi kini ini, pers salah satu wadah lisan rakyat, kawasan komunikasi , dan pengawasan rakyat dalam kehidupan masyarakat, bangsa dan negara. Oleh alasannya itu penting untuk mengetahui apa pengertian pers, peranan pers, dan fungsi pers secara lazim dan menurut para ahli.

Fungsi pers di sebuah negara menjadi hal penting untuk pembentukan penduduk yang demokratis dalam negara yang bersangkutan. Pers memiliki fungsi penting untuk pertumbuhan sebuah negara menuju kehidupan bangsa dan negara yang demokratis. Oleh balasannya kemerdekaan pers sangat diharapkan untuk menciptakan kebebasan mengeluarkan usulan dan asumsi sesuai hati nurani masing-masing.

Sebagai mana kebebasan keadilan, kebenaran, dan udaha untuk memajukan kecerdasan dan wawasan mirip yang tertera pada Pasal 28 Undang-Undang Dasar tahun 1945.

  Modal Manusia, Pembangunan Manusia Masa Pemerintahan Revolusi Mental - Industri