Kehidupan budaya merupakan hal yg baik kepada aneka macam acara insan yg kadang-kadang menjadi penting dlm setiap kehidupan sosial penduduk Jawa. Di Kalimantan, tatkala saling bercengkrama apa yg menjadi dasar dr suatu Negara, pastinya yakni makanan yg menerangkan betapa penting konsumsi pada kehidupan sebuah Negara.
Di Kalimantan Barat, penyebaran wilayan di pedesaan dgn orang-orang Dayak sudah terjadi, adanya tata cara pertanian yg diterapkan dgn baik, dimulai dr lada, pastinya kemudian padi-padian. Hal ini tampak pada metode pertanian yg dibawa di pulau jawa tatkala itu pada masa 1980an.
Berbagai hasil penduduk Jawa, yg memang berbudaya & beragama sesuai dgn tata cara pertanian mereka, hendak diketahui bahwa mereka hidup dgn kelompok pertanian mereka. Akan berlawanan jauh dgn kepentingan sosial budaya masyarakat hingga saat ini berada.
Ketika hendak dimengerti adanya penduduk Jawa yg enggan untuk bertani, & melangsungkan kebudayaan mereka. Maka, mereka hidup dgn uang kemudian pindah pada penduduk Batak misalnya dlm hal ini lewat perdagangan, pekerja, & birokrasi.
Persoalan menyimpang atau tidaknya sebuah pekerjaan mereka, pastinya merupakan hasil yg mereka temukan dlm suatu metode kelas sosial di penduduk menurut kebudayaan mereka. Hal ini akan terjadi dgn adanya sebuah pergantian sosial, terutama pada sistem mata pencaharian mereka selama di Kalimantan.
Bagaimana mereka menjaga sistem ekonomi budaya mereka, terperinci bagaimana dgn status sosial mereka temukan guna menerima pekerjaan, & yang lain tanpa mengerti suasana kelompok & agama mereka bahkan dengan-cara budaya sudah menyimpang.
Maka, apa yg dipraktekkan dlm hal ini terang dgn aneka macam hal terkait dgn kecerdasan insan yg digunalan pada masa global sampai dikala ini. Berbagai penyimpangan budaya pada penduduk Batak telah berefek pada aspek moralitas mereka dengan-cara agama 80an – 08.
Kondisi seperti dapat diartikan adanya kepentingan ekonomi, sosial budaya pada masyarakat Jawa – Batak – Dayak di Kalimantan Barat. Tidak begitu menarik tatkala memahami desain kota yg mereka buat dengan-cara golongan, baik itu berbudaya & agama ( HKBP – GKE Kalimantan – MRPD Pancasila ).
Persoalan tersebut dimulai dr dilema dr aneka macam hal terkait dgn kelas sosial, etnik ( TIonghoa , Hakka – Khek – Hokkien ), kelas sosial yg berasal dr kelas sosial yg berdampak pada psikologis insan & dengan-cara sosiologis mempunyai persepsi yg berlainan untuk mengetahui bagaimana kehidupan masing-masing budaya & agama hidup di masyarakat.