close

Keterkaitan Antara Kesenjangan Sosial Dan Kesenjangan Ekonomi

Keterkaitan antara kesenjangan sosial dan kesenjangan ekonomi

dalam.kesenjangan sosial dan kesenjangan ekonomi berbanding lurus dan beda tipis..
ekonomi tdk akan bergerak kalau dalam tdk ada sosial…bgitipun sebaliknya

jadi jikalau kesenjangan sosial dan ekonomi terjadi maka relasi msyarakat/sosial akan berdampak buruk pada kesenjangan ekonomi

Apa maksud dari adanya kesenjangan sosial , dan apa peran pemerintah dalam menanggulangi kesenjangan sosial tersebut!

Kesenjangan sosial yaitu duduk perkara perbedaan tingkat atau level sosial pada penduduk .Tugas pemerintah dalam menangani ini ialah dengan pemerataan derajat sosial terutama dalam bidang ekonomi . Maaf kalo salah

Berikan acuan wawancara yang bagus dan benar perihal duduk perkara kesenjangan sosial ..

bagaimana menangani kesenjangan sosial ?

Apa itu kesenjangan sosial?
Mengapa mampu terjadi kesenjangan sosial?
Apa saja faktor² penyebab kesenjangan sosial?
Mengapa mampu adanya pengangguran?

Jawaban:

Pengertian Kesenjangan Sosial =

– Kesenjangan sosial merupakan suatu kondisi dimana ada hal yang tidak sebanding di dalam kehidupan penduduk . Entah itu secara personal maupun kelompok. Dimana ada ketimpangan sosial yang terbentuk dari sebuah ketidakadilan distribusi banyak hal yang dianggap penting oleh masyarakat.

  √ Penomena Kemiskinan Merupakan Contoh Teks Esplanasi

kok

Mengapa bisa terjadi kesenjangan sosial?

. Faktor Internal

Faktor ini berasal dari dalam diri seseorang. Rendahnya kualitas diri seseorang menjadi satu di antara faktor internal. Ketimpangan sosial bisa muncul karena kemiskinan yang mengekang masyarakat.

2. Faktor Eksternal

Faktor ini merupakan faktor yang berasal dari luar diri seseorang. Faktor ini mampu terjadi alasannya adalah adanya birokrasi atau hukum hukum negara yang mengekang masyarakat sehingga mereka kesulitan dalam menyebarkan dirinya.

Ketimpangan sosial ini bisa mengakibatkan adanya gejala kemiskinan secara struktural.

Selain aspek di atas, ketimpangan sosial dapat terjadi disebabkan beberapa aspek lain, yaitu kondisi demografi, keadaan pendidikan, kondisi ekonomi, kondisi kesehatan, kemiskinan, kurangnya lapangan pekerjaan, perbedaan status sosial masyarakat, dan letak geografis.

Apa saja aspek² penyebab kesenjangan sosial?

1. Kondisi Demografis

Demografi yakni ilmu yang mempelajari ihwal masalah kependudukan dan faktor-aspek yang memengaruhinya. Kondisi demografis antara masyarakat satu dengan lainnya mempunyai perbedaan.

Perbedaan antara penduduk satu dengan lainnya tersebut berhubungan dengan jumlah penduduk, komposisi penduduk, dan persebaran penduduk.

Kondisi Pendidikan

Pendidikan ialah sosial elevator, yaitu saluran mobilitas sosial vertikal yang efektif, yang ialah keperluan untuk siapa pun. Pendidikan menjadi kunci utama pembangunan, khususnya pembangunan sumber daya manusia.

Biasanya anak-anak yang berada di daerah terpencil memiliki semangat belajar tinggi, meski akomodasi kurang. Sedangkan anak yang tinggal di kota dengan kemudahan pendidikan yang memadai, sebagian besar terpengaruh oleh lingkungan sosial yang kurang baik.

Kondisi tersebut menciptakan semangat mencar ilmu menjadi kurang. Ketimpangan sosial tersebut dapat dilihat dari akomodasi, kualitas tenaga kerja, mutu pendidikan.

3. Kondisi Ekonomi

Faktor ekonomi sering dianggap sebagai penyebab utama hadirnya ketimpangan sosial. Ketimpangan ini muncul sebab pembangunan ekonomi yang tidak merata. Ketakmerataan pembangunan ini disebabkan karena perbedaan antara kawasan yang satu dengan yang yang lain.

  [cosplay] astrologist mona megistus

Munculnya ketimpangan dari aspek ekonomi juga terjadi sebab adanya perbedaan dalam kepemilikan sumber daya dan faktor produksi.

4. Kondisi Kesehatan

Ketimpangan sosial mampu disebabkan oleh fasilitas kesehatan yang tidak merata di setiap kawasan, jangkauan kesehatan kurang luas, pelayanan kesehatan yang kurang mencukupi, dan sebagainya.

Kemiskinan mampu disebabkan oleh aspek internal dan aspek eksternal. Kurangnya kesanggupan, kualitas pendidikan, dan sifat malas yang menempel di diri penduduk yaitu beberapa contoh dari faktor internal.

Sementara itu, birokrasi atau peraturan yang diterapkan oleh instansi perusahaan merupakan aspek eksternal penyebab kemiskinan.

6. Kurangnya Lapangan Pekerjaan

Kesenjangan penduduk yang bekerja kerja dan penganguran menjadi kian besar alasannya adalah lapangan pekerjaan sempit. Apabila upaya pemerintah dalam menangani pengangguran tidak dikerjakan, para pengangguran ini akan merasa terdiskriminasi dan ketimpangan sosial pun makin sukar teratasi.

7. Perbedaan Status Sosial Masyarakat

Perbedaan ini terjadi alasannya adanya pelapisan atau stratifikasi sosial yang terbentuk menurut kualitas pribadi, mirip kesehatan, pendidikan atau kekayaan. Ketimpangan sosial ini sering terjadi di lingkungan masyarakat.

Ketimpangan ini mampu dilihat dari adanya perbedaan status sosial antara orang kaya dengan orang miskin. Penguasa dengan rakyat, atau sarjana dengan lulusan SD.

8. Letak Geografis.

Pengaruh letak geografis berpengaruh terhadap ketimpangan sosial. Secara geografis, Indonesia terdiri atas pulau-pulau yang jumlahnya sungguh banyak. Sayangnya pulau-pulau ini tidak mampu diatur dengan baik sehingga ketimpangan sosial jadinya terjadi.

Pulau-pulau kecil yang tidak tertanggulangi pemerintah hasilnya tertinggal dengan pulau-pulau besar, seperti Jawa, Sumatra, dan pulau besar lainnya.

Mengapa bisa adanya pengangguran?

sebab yang menjadikan pengangguran, ialah sebagai berikut:

Pertumbuhan penduduk yang cepat menciptakan banyak pengangguran karena meningkatnya jumlah angkatan kerja yang tidak diimbangi dengan ekspansi kesempatan kerja.

  Sebutkan Media Cetak Untuk Memasang Iklan​

apa penyebab terjadinya ke senjangan sosial?dan bagai mana solusinya semoga tidak terjadi kesenjangan sosial itu?

Kategori Soal : Bab Kesenjangan Sosial 
Kelas : 10 Sekolah Menengan Atas / X Sekolah Menengan Atas 

Pembahasan :

Penyebab Terjadinya Kesenjangan Sosial :
Yaitu :
=-= Penduduk Yang Lahir semakin Banyak
=-= Lapangan Pekerjaan Tidak Banyak Tidak Mewadai
=-= Banyaknya Pengangguran
=-= Banyaknya Kemiskinan 
=-= Daya Jual dan Beli Masyarakat Tidak sepadan
=-= Tingginya Kesenjangan Ekonomi 

Solusi Agar Tidak terjadi Kesenjangan Sosial :
Yaitu :
=-= Memperbanyak Lapangan Pekerjaan
=-= Memberikan Dana Bantuan
=-= Membuat Sekolah/Balai pendidikan
=-= Memperbaiki Kualitas 
=-= Bersikap Bijak dan wibawa
=-= Bersikap Terbuka dan Mau menghargai usulan seseorang

Semoga membantu yah 🙂
Selamat Belajar ^_^ Semangat !!