close

Pemerintahan, Ekonomi, Kehidupan Sosial Budaya Kerajaan Tarumanegara

Pemerintahan, ekonomi, kehidupan sosial budaya kerajaan tarumanegara

Penjelasan:

Kehidupan ekonomi kehidupan ekonomi kerajaan tarumanegara didasarkan pada bidang pertanian. kehidupan itu mencakup pertanian, pertenakan, perburuan binatang, dan jual beli. Dari prasasti tugu, kita bisa mengetahui bahwa raja purnawarman sungguh mengamati bidang pertanian.

#maaf kalo salah

Keadaan masyarakat dan kehidupan sosial budaya kerajaan tarumanegara

Jawaban:

KEHIDUPAN SOSIAL

Kehidupan social kerajaan tarumanegara sudah terencana rapi, hal ini tampakdari upaya raja purnawarman yang terus berupaya untuk memajukan kemakmuran kehidupan rakyatnya. Raja purnawarman juga sungguh memperhatikan kedudukan kaum brahmana yang dianggap penting dalam melaksanakan setiap upacara korban yang dilaksanakan di kerajaan sebagai tanda penghormatan kepada para tuhan

Penjelasan:

maaf klo salah

Terangkan kehidupan sosial budaya kerajaan Tarumanegara!

KEHIDUPAN POLITIK

Berdasarkan goresan pena-tulisan yang terdapat pada prasasti diketahui bahwa raja yang pernah memerintah

di tarumanegara hanyalah raja purnawarman. Raja purnawarman ialah raja besar yang telah berhasil mengembangkan kehidupan rakyatnya. Hal ini dibuktikan dari prasasti tugu yang menyatakan raja purnawarman telah memerintah untuk menggali sebuah kali. Penggalian sebuah kali ini sungguh besar artinya, karena pengerjaan kali ini merupakan pengerjaan saluran irigasi untuk memperlancar pengairan sawah-sawah pertanian rakyat.

KEHIDUPAN SOSIAL

Kehidupan social kerajaan tarumanegara sudah terstruktur rapi, hal ini terlihat dari upaya raja purnawarman yang terus berusaha untuk meningkatkan kesejahteraan kehidupan rakyatnya. Raja purnawarman juga sungguh mengamati kedudukan kaum brahmana yang dianggap penting dalam melakukan setiap upacara korban yang dilaksanakan di kerajaan selaku tanda penghormatan terhadap para ilahi.

  Alat Musik Triangle

KEHIDUPAN EKONOMI

Prasasti tugu menyatakan bahwavraja purnawarman memerintahkan rakyatnya untuk membuat sebuah saluran sepanjang 6122 tombak. Pembangunan susukan ini mempunyai arti ekonomis yang besar nagi masyarakat, Karena dapat dipergunakan selaku fasilitas untuk mencegah banjir serta fasilitas kemudian-lintas pelayaran perdagangan antardaerah di kerajaan tarumanegara denagn dunia luar. Juga jual beli dengan daera-kawasan di sekitarnya. Akibatnya, kehidupan perekonomian penduduk kerajaan tarumanegara sudah berlangsung terencana.

KEHIDUPAN BUDAYA

Dilihat dari teknik dan cara penulisan abjad-huruf dari prasasti-prasasti yang ditemukan sebagai bukti kebesaran kerjaan tarumanegara, mampu dikenali bahwa tingkat kebudayaan penduduk pada dikala itu sudah tinggi. Selain sebagai peninggalan budaya, eksistensi prasasti-prasasti tersebut menunjukkan sudah berkembangnya kebudayaan tulis menulis di kerajaan tarumanegara.

Kehidupan politik,ekonomi,dan sosial budaya di kerajaan tarumanegara

Jawaban:

Berikut yakni macam-macam bentuk kehidupan pada bidang politik, ekonomi, sosial dan juga budaya akan kerajaan tarumanegara.

Kehidupan Politik

Dalam hal ini diciptakan berbagai macam bentuk Prasasti yang dimana akan menerangkan banyak sekali macam kehidupan mirip menciptakan akses irigasi guna untuk melakukan pelancaran dari pengairan di kawasan sawah dan pertanian rakyat.

Terdapat prasasi ciaruteun yang menerangkan kekuatan dan eksistensi kepada penghormatan untuk menjadi seorang dewa

Terdapat prasasti Jambu yang dimana yaitu terdapat telapak kaki yang menunjukkan pemujian kepada raja purnawarman

Kehidupan Ekonomi

Kehidupan ekonomi pada abad Tarumanegara adalah menjadi telah sangatlah berlangsung terencana dikarenakan terdapat pembangunan dari akses yang dimana sangatlah menawarkan arti yang dimana sangatlah besar dri kerjaan Tarumanegara.

Kehidupan Sosial

Kehidupan sosial yang dimana terjadi pada periode kerajaan Tarumanegara ialah terbentuk dengan cara yang sangatlah rapih dan hal ini akan dapat terlihat sebagia sebuah bentuk dari upaya untuk mengembangkan kesejahteraan.

  Organisasi Ekonomi Yang Dapat Menjadi Saluran Mobilitas Sosial

Kehidupan Budaya

Tingkat kebudayaannya telah sangatlah tinggi dari perkembangan akan kebudayaan dari tulis menulis yang berada di kawasan Kerajaan Tarumanegera.

Simak lebih lanjut di Brainly.co.id – https://brainly.co.id/tugas/4468147#readmore

Penjelasan:

kehidupan sosial budaya di jaman kerajaan Tarumanegara

Kehidupan social kerajaan tarumanegara sudah teratur rapi, hal ini terlihat dari upaya raja purnawarman yang terus berupaya untuk meningkatkan kemakmuran kehidupan rakyatnya. Raja purnawarman juga sangat memperhatikan kedudukan kaum brahmana yang dianggap penting dalam melaksanakan setiap upacara korban yang dikerjakan di kerajaan sebagai tanda penghormatan kepada para yang kuasa.