close

Setiap Investasi Memiliki Risiko Dengan Tingkat Risiko Berbeda-beda. Pasar Modal Juga Memiliki Risiko Dalam Berinvestasi. Sebutkan Risiko-risiko Investasi Pada Pasar Modal Dalam Bentuk Saham!

Setiap investasi mempunyai risiko dengan tingkat risiko berbeda-beda. Pasar modal juga mempunyai risiko dalam berinvestasi. Sebutkan risiko-risiko investasi pada pasar modal dalam bentuk saham!

Setiap investasi mempunyai risiko dengan tingkat risiko berbeda-beda. Pasar modal juga mempunyai risiko dalam berinvestasi. Sebutkan risiko-risiko investasi pada pasar modal dalam bentuk saham adalah :

  1. Tidak menerima deviden
  2. Capital Loss
  3. Resiko Likuidasi
  4. Modal investasi mampu lenyap jika perusahaan gulung tikar
  5. Resiko saham di suspensi
  6. Resiko saham de-listing di bursa efek.

Pembahasan

Saham yaitu surat berguna yang menawarkan bagian kepemilikan atas suatu perusahaan. Membeli saham bermakna anda sudah memiliki hak kepemilikan atas perusahaan tersebut. kalau kita berbelanja saham maka kita berhak atas deviden perusahaan. Selain dari hak kepemilikan perusahaan dan pembagian laba, pergerakan harga saham juga menjadi sumber keuntungan lain dari pergerakan harga saham.

Saham tentu menawarkan laba lebih akan namun menawarkan resiko yang lebih besar dibandingkan obligasi, kalau perusahaan merugi atau bahkan bangkrut maka kita sebagai pemegang saham ikut terkena imbasnya.

Keunggulan investasi saham adalah :

  • Tidak ada batasan modal minimal
  • Cocok untuk siapa saja.
  • Return tinggi.
  • Liquiditas tinggi.
  • Keuntungan berbentukdeviden
  • Fee transaksi yang rendah
  • kepuasan dalam investasi

Kaprikornus sebelum memutuskan berinvestasi hendanya kita mempelajari dahulu investasi mana yang cocok dengan eksklusif kita, alasannya semakin besar untung yang diberikan dari investasi, maka akan semakin besar pula resiko yang harus kita hadapi.

Pelajari lebih lanjut  

1. Materi ihwal  pasar modal dapat dilihat pada brainly.co.id/peran/1903814

2. Materi ihwal wacana saham dan obligasi dapat dilihat pada link berikut ini : brainly.co.id/peran/2137672

3. Materi wacana manfaat bursa efek bagi emiten dapat juga dilihat pada link: brainly.co.id/peran/2287424

—————————————

Detil balasan

Kelas : XI (2 SMA)

Mapel : Ekonomi

Bab : Pasar Modal

Kode : 11.12.10

Kata Kunci : Saham, Resiko Saham.

Sebutkan risiko-risiko investasi pada instrumen saham!

Resiko Investasi Saham
Sebagai instrument investasi, saham memiliki risiko, antara lain:

1. Capital Loss

Merupakan kebalikan dari Capital Gain, yaitu suatu keadaan dimana investor memasarkan saham lebih rendah dari harga beli. Misalnya saham PT. XYZ yang di beli dengan harga Rp 2.000,- per saham, lalu harga saham tersebut terus mengalami penurunan hingga mencapai Rp 1.400,- per saham. Karena takut harga saham tersebut akan terus turun, investor menjual pada harga Rp 1.400,- tersebut sehingga mengalami kerugian sebesar Rp 600,- per saham.

2. Risiko Likuidasi

Perusahaan yang sahamnya dimiliki, dinyatakan gulung tikar oleh Pengadilan, atau perusahaan tersebut dibubarkan. Dalam hal ini hak klaim dari pemegang saham menerima prioritas terakhir sesudah seluruh keharusan perusahaan dapat dilunasi (dari hasil pemasaran kekayaan perusahaan). Jika masih terdapat sisa dari hasil pemasaran kekayaan perusahaan tersebut, maka sisa tersebut dibagi secara proporsional kepada seluruh pemegang saham.
Namun kalau tidak terdapat sisa kekayaan perusahaan, maka pemegang saham tidak akan menemukan hasil dari likuidasi tersebut. Kondisi ini merupakan risiko yang terberat dari pemegang saham. Untuk itu seorang pemegang saham dituntut untuk secara terus menerus mengikuti perkembangan perusahaan.

Di pasar sekunder atau dalam aktivitas perdagangan saham sehari-hari, harga-harga saham mengalami fluktuasi baik berupa kenaikan maupun penurunan. Pembentukan harga saham terjadi alasannya adalah adanya undangan dan penawaran atas saham tersebut. Dengan kata lain harga saham terbentuk oleh supply dan demand atas saham tersebut. Supply dan demand tersebut terjadi alasannya adalah adanya banyak aspek, baik yang sifatnya spesifik atas saham tersebut (kinerja perusahaan dan industri dimana perusahaan tersebut bergerak) maupun aspek yang sifatnya makro mirip tingkat suku bunga, inflasi, nilai tukar dan faktor-aspek non ekonomi mirip keadaan sosial dan politik, dan faktor lainnya.

Apa itu risiko? Dan sebutkan macam macam risiko dalam perjuangan?

resiko menetralisir barang milik usaha tersebut

Risiko yang mustahil untuk di upayakan sehingga dapat menguntungkan disebut

A. Risiko murni

B. Risiko keuangan

C. Risiko spekulatif

D. Risiko perusahaan

E. Risiko operasional

C. Resiko spekulatif

sebab ditimbulkan oleh yang bersangkutan, agar terjadinya ketidakpastian memperlihatkan keuntungan kepadanya

risiko akhir adanya letusan gunung berapi disebut risiko apa

Jawaban:

Resiko akibat letusan gunung berapi disebut resiko yang membahayakan kehidupan makhluk disekitarnya…

  Interaksi Alamiah Masyarakat Pedesaan