close

Tolong Donk!!!buatin Pidato Bertema “Kerja Sama ASEAN Dalam Bidang Sosial Budaya”

Daftar Isi

tolong donk!!!buatin pidato bernuansa “Kerja sama ASEAN dlm bidang sosial budaya”

Jawaban:

Yang mulia U Thein Sein, Presiden Myanmar, Ketua ASEAN.

Yang Mulia Para Kepala Negara & Pemerintahan Negara Anggota ASEAN.

Yang saya hormati Sekretaris Jenderal Le Luong Minh.

Yang Mulia, Izinkan saya menyampaikan terima kasih pada presiden U Thein Sein & rakyat Myanmar atas sambutan hangatnya pada saya & delegasi Indonesia.

Dalam KTT ASEAN ke 25 ini, yg merupakan KTT ASEAN pertama buat saya, saya ingin menegaskan kembali komitmen pemerintah Indonesia untuk meningkatkan koordinasi ASEAN. Bagi Indonesia, ASEAN yakni wadah membangun kerjasama yg bermanfaat bagi rakyat kita, bagi pembangunan di negara-negara kita, bagi perdamaian & stabilitas di daerah kita. Inilah keinginan yg termuat dlm piagam ASEAN.

Saudara ketua, Indonesia tetap berkoitmen untuk merealisasikan masyarakat ASEAN 2015, dgn tiga pilarnya. Untuk mewujudkan masyarakat ekonomi ASEAN, diperlukan peningkatan pertumbuhan ekonomi di negara-negara ASEAN. Indonesia ingin mencapai sasaran perkembangan ekonomi 7% di tahun-tahun mendatang.

Indonesia tak akan membiarkan dirinya menjadi pasar semata. Indonesia mesti pula menjadi cuilan penting dr rantai produksi regional & global (regional and global production chain). Untuk itu, ASEAN mesti berafiliasi menanggulangi tiga hal utama.

Pertama, mempercepat pembangunan infrastruktur & konektivitas di negara-negara ASEAN, antar negara ASEAN, antara ASEAN dgn negara-negara mitra, lewat percepatan implementasi Masterplan on ASEAN Connectivity.

Kedua, meningkatkan kerjasama investasi, industri & manufaktur yg lebih erat diantara negara-negara ASEAN. Indonesia dibawah pemerintahan saya terbuka untuk bisnis., terbuka untuk bisnis. Namun, Indonesia, mirip negara berdaulat manapun, mesti memutuskan kepentingan nasionalnya tak dirugikan. Kita hars menjunjung tinggi prinsip resiprokal, saling menghormati, saling menguntungkan, & kompetisi dengan-cara adil, dlm berafiliasi.

Ketiga, meningkatkan jual beli intra-ASEAN yg ketika ini masih cukup rendah, yakni 24,2 persen. Dalam lima tahun kedepan, saya berharap nilai perdagangan intra-ASEAN setidaknya bisa meraih 35-40 persen. Kita pula harus meningkatkan PDB ASEAN dua kali lipat, dr US$ 2,2 triliun menjadi US$ 4,4 triliun pada tahun 2030, & meminimalkan separuh angka kemiskinan di tempat pada tahun 2030 dr 18,6 % menjadi 9,3%.  (Pilih topik informasi favorit Anda lewat Readers Choice)

Saudara Ketua, Masyarakat Politik & Keamanan ASEAN hanya bisa diwujudkan apabila kita menghormati kedaulatan masing-masing, menuntaskan kasus dgn cara-cara tenang, & bersatu dlm menjaga otonomi strategis daerah kita. Indonesia berkeyakinan, kemakmuran & perdamaian di daerah akan diputuskan oleh bagaimana kita berafiliasi dlm mengorganisir samudera.

Indonesia berharap supaya sumber-sumber pertentangan di laut –seperti pencurian ikan, pelanggaran wilayah, penyelundupan & sengketa wilayah– dapat tertuntaskan melalui koordinasi yg betul-betul .

Kita harus memastikan bahwa maritim menyatukan, bukan memisahkan kita. Kerjasama membangun konektivitas & infrastruktur maritime harus menjadi konsentrasi kita kedepan.

Khusus untuk Laut Tiongkok Selatan, Indonesia menyerukan semua pihak untuk menahan diri, melaksanakan Declaration of Conduct (DoC), & mempercepat kesepakatan Code of Conduct (CoC).

Di bidang sosial-budaya, ASEAN harus memperkuat komitmen melindungi hak-hak warga negara kita. Indonesia berkepentingan terhadap Pemajuan & Perlindungan Hak Pekerja Migran, mendorong pertukaran pelancong, pelajar, & koordinasi budaya yg lebih bersahabat.

Saudara Ketua, Sebagai aktor internasional, ASEAN pula mempunyai kewajiban global. Oleh alasannya adalah itu, kita mesti memastikan lingkungan strategis kita di Asia Timur, yg menjadi pusat gravitasi dunia, tetap damai & stabil, sehingga kondusif bagi kemakmuran bersama.

ASEAN harus ikut serta dlm menanggulangi masalah-perkara global yg mengancam umat insan, mirip penyakit menular, pergeseran iklim, jual beli manusia, & bencana alam. Agar bisa efektif, ASEAN masih menghadapi sejumlah dilema. ASEAN perlu memperkuat kapasitas-nya, membangun dapat dipercaya-nya, & mempererat persatuannya. Tanpa kapasitas, dapat dipercaya & persatuan, mustahil ASEAN mempertahankan sentralitas-nya. Ketiga elemen ini hendaknya menjadi dasar bagi langkah kita dlm menjinjing ASEAN ke periode pasca 2015.

Dalam hal ini, rakyat mesti menerima manfaat dr koordinasi ini, & menjadi tujuan dr kerjasama ASEAN.

Saudara ketua, Terakhir saya memberikan penghargaan yg tinggi pada Myanmar atas keberhasilannya dlm memimpin ASEAN. Saya percaya, keketuaan Malaysia tahun depan, akan mengkonsolidasikan keberhasilan selama ini.

Terima kasih

Penjelasan:

¤TOLONG JADIKAN JAWABAN TERCERDAS

Pidato Kerja sama ASEAN di bidang sosial & Budaya

Contoh kerja sama regional ASEAN dlm bidang sosial budaya yakni:
1. Adanya kerja sama di bidang sosial yg dikerjakan oleh Committee on Social Development (COSD) atau Komite Pengembangan Sosial. Beberapa program yg dilakukan berkaitan dgn sosial budaya negara-negara Asean, mirip program kenaikan  kesehatan, pertukaran budaya & seni tergolong ekspo film ASEAN, penandatanganan  persetujuan bersama  di   bidang   pariwisata, yaitu ASEAN Tourism  Agreement  (ATA), &  penyelenggaraan  pesta  olahraga  Sea Games.

2. Dibentuknya Organisasi Menteri-Menteri Pendidikan Asia Tenggara atau The Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO), yg bertujuan untuk mengembangkan koordinasi di bidang pendidikan, ilmu pengetahuan & kebudayaan di kawasan Asia Tenggara.

3. Menyelenggarakan kerja sama dlm bidang kebudayaan & pendidikan mirip pertukaran pelajar negara-negara Asean dalam Student Exchange Programme ASEAN, mengadakan pameran budaya negara-negara Asean pada ASEAN Culture Week.

Kelas : IX
Pelajaran : IPS
Kata kunci : ASEAN, kerja sama bidang sosial budaya, SEAMEO, COSD, pertukaran pelajar Asean
Kategori :
Bab 3 : Kerjasama Bidang Sosial Budaya & Lembaga- Lembaga Sosial Budaya

Pidato presiden di bidang sosial budaya

“Pemerintah pada tahun 2020 memperluas sasaran beasiswa untuk melanjutkan pendidikan tinggi pada 818 ribu mahasiswa yg berasal dr keluarga tak mampu, yg mempunyai prestasi akademik lewat Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-Kuliah), termasuk lanjutan bidik misi,” ujar Jokowi dlm pidato kenegaraannya pada Sidang Bersama DPD & DPR RI di Gedung MPR RI Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Namun, dlm penjelasannya Jokowi tampak menghalangi jangkauan KIP-Kuliah ini pada bidang studi yg bersifat eksak. Dalam pidato nota keuangannya, ia menyebutkan dua kalangan studi yakni sains & teknologi.

Sampai ketika ini tak ada yg tahu bagaimana nasib program studi lain di bidang ilmu sosial. Yang pasti bidang studi ini tak timbul dlm pidato Jokowi di dewan perwakilan rakyat.

“Beasiswa KIP-Kuliah ini pula diberikan untuk mahasiswa pendidikan vokasi & politeknik, serta pendidikan sarjana pada acara studi sains & teknologi,” ucap Jokowi.

Soal beasiswa ini, Jokowi memang sudah mempunyai ancang-ancang untuk meminimalisir takaran ilmu humaniora.

Pada Desember 2017, Menristekdikti Moh. Nasir menyatakan, akan memperketat akses beasiswa bagi jurusan sosial.

Keputusan Nasir ini dilatarbelakangi fikiran bahwa Indonesia seharusnya berkonsentrasi pada teknologi & sains. Sebab Indonesia mempunyai peran & masa depan penting di bidang yg memerlukan keahlian teknis mirip pertanian perikanan.

  √ Contoh Judul Untuk Penelitian Sosiologi??

Contoh teks pidato persuasif tema perubahan sosial budaya, faktor pendorong, penghambat & faedah pergantian sosial budaya​

maaf gue kurang tau

Penjelasan:

seperti hmmm kurang tau saya

pidato ihwal “sosial ekonomi budaya & pendidikan di masa pandemi ini perihal ASEAN​

Jawaban:

Penjelasan:        Semangat di Tengah Pandemi Covid-19

Banyak capaian yg telah diperoleh Indonesia selaku negara yg sudah 75 tahun merdeka. Capaian itu berasal dr banyak sekali bidang. Kita sudah bisa berdikari di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, ketahanan, & keamana. Kita sudah berada di level negara menengah ke atas.Meskipun demikian, masih banyak pekerjaan rumah yg perlu kita semua selesaikan dgn baik agar bisa menjadikan negara ini selaku negara maju. Beberapa perkara yg masih dihadapi negara ini diantaranya kemiskinan, pemberantasan korupsi, ketidak merataan kesejahteran sosial, penegakan hukum, & keadilan sosial. Kita patut menyelesaikan semua itu dgn semangat & rasa cinta tanah air yg besar.

Sekarang kita pula sedang dihadapkan pada pandemi covid-19. Pandemi ini pula membuat kita berada di jurang resesi. Meskpun demikian, pandemi ini bisa dijadikan sebagai saat-saat refleksi diri. Momentum untuk lebih mengetahui kelebihan & kekurangan kita sebagai bangsa. Termasuk potensi-peluangbesar bangsa Indonesia yg belum dikelola dgn baik. Begitu pula dgn masalah-kasus lain yg belum diatur dgn optimal.

Kta harus terus semangat & optimis bisa melewati masa pandemi ini. Dengan tak boleh lelah menerapkan protokol kesehatan, kita pula selaras dlm meningkatkan kembali perekonomian masyarakat.

Banyak hal yg bisa kita lakukan sebagai individu, golongan penduduk , & bangsa yg berdaulat. Kita tak boleh terpecah belah karena isu-isu yg tak penting. Kita mesti terus bersatu & optimis bisa melewati pandemi & meningkatkan kembali perekonomian kita untuk kesejahteraan rakyat & negara.

  Ciri Kemandirian di Masyarakat dalam Keseharian