close

Contoh Kepedulian Sosial dalam Islam, Dunia Maya, Masa Pandemi

Pengertian Kepedulian Sosial Menurut Para Ahli, Tokoh, KBBI, dlm Islam

Contoh Kepedulian Sosial dlm Islam

Ada beberapa teladan yg mampu kita lihat kepedulian sosial dlm Islam, mirip yg diterangkan dlm Al Quran Surah Al Ashr Allah, yg memastikan bahwa manusia memiliki potensi.

Berada dlm kerugian, kecuali bila ia mempergunakan waktunya dgn iktikad & amal sholeh. Dimana setiap dr kita niscaya tak akan mau rugi. 

Nah untuk menjangkau keuntungan, hendaknya memang seseorang menyedekahkan harta yg sudah dimilikinya, sesuai dgn ketentuan yg berlaku dlm Islam. 

Misalnya baik itu berupa zakat, infak, sedekah & wakaf, sesuai dgn yg dijelaskan dlm firman Allah QS. At-Taubah ayat 103 & QS. Al-Baqarah ayat 264. 

Kemudian, dr Hadits Abu Hurairah ra, dimana ada tujuh kelompok yg menapatkan naungan Allah SWT di selesai hari kiamat nanti. 

Diantaranya yaitu seseorang yg mengeluarkan sedekah yg mana tangan kirinya tak mengenali apa yg diberikan tangan kanannya (HR. Bukhari Muslim), dilansir dr laman kalbar.kemenag.go.id, pada Senin, 06 Desember 2021.

Conothnya seperti :

1. Memberikan sedekah pada fakir miskin maupun anak yatim piatu yg ada di lingkungan sekitar & membutuhkan sumbangan.

Ada beberapa orang yg sudah tergerak untuk melaksanakan amalan tersebut selaku wujud & bentuk dr kepedulian sosial dlm Islam.

2. Membagi nasi box atau bungkus pada orang orang yg membutuhkan ini pula sering dijalankan oleh sebagian orang di jalanan maupun tempat lainnya.

3. Begitu pula dlm hal menunjukkan sedekah, infak, zakat yg dikerjakan seorang muslim pada orang yg memerlukan ialah bagian dr kepedulian sosial tersebut.

Itulah sekilas klarifikasi perihal acuan dr kepedulian sosial di masyarakat dlm ajaran Islam yg sering kita lihat.

  Jelaskan Bahwa dengan Membangun Prestasi Diri Merupakan Upaya Pembelaan Negara

Contoh Kepedulian Sosial di Masa Pandemi

Ada beberapa acuan yg kita lihat dlm kepedulian masyarakat di masa pandemi Covid-19 di Indonesia, mulai dr menunjukkan sumbangan sampai gerakan amal & sosial yang lain.

1. Adanya perusahaan yg menawarkan pertolongan masker, alat medis, & peralatan dlm penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

2. Adanya gerakan masyarakat dengan-cara bareng sama untuk membagikan masker gratis di pasar, lampu merah, & tempat lazim yang lain, guna meminimalisir penularan Covid-19.

3. Ada pertolongan sosial berbentukberas, telor, minyak goreng, & santunan masakan untuk di dapur yg diberikan pada keluarga terdampak Pandemi Covid-19.

Mulai dr tunjangan perusahaan, sampai perseorangan yg dikumpulkan menjadi satu wadah untuk disalurkan pada warga terdampak Pandemi Covid-19.

Itulah sekilas saja contoh kepedulian sosial penduduk di masa pandemi Covid-19 yg ada & mampu kita lihat dlm aktivitas sehari harinya.

Contoh Kepedulian Sosial dlm Dunia Maya

Ada beberapa pola kepedulian sosial di dlm dunia maya yg bisa ananda lihat dlm aktivitas sehari harinya di masyarakat, yaitu :

1. Tatkala ada malapetaka atau bencana alam yg menimpa masyarakat seperti Gunung Semeru yg erupsi, serempak membuat seseorang melakukan tindakan kepeduliannya.

Yaitu dgn menyebar informasi itu pada orang lain supaya mengenali malapetaka tersebut & dengan-cara sadar masyarakat akan tergerak memperlihatkan derma.

2. Begitu pula dikala banjir menerpa tempat atau wilayah tertentu sontak saja keterangan itu menyebar ke jagat maya yg akan, membuat warga net ikut memberikan bantuannya.

Baik berupa kontribusi duit atau pun memperlihatkan bantuan peralatan yg dibutuhkan dilokasi banjir tersebut.

3. Saat seseorang terkena bencana sakit parah, & ia tak menerima pemberian atau tak memiliki dana untuk berobat.

  Apa yang Dimaksud dengan Harmoni dalam Keberagaman Sosial Budaya, Ekonomi, Gender

Maka gerakan di media sosial yg masif dgn memberikan keterangan yg bekerjsama, maka akan ada kontribusi yg diberikan oleh penduduk . 

Nah itulah sekilas penjelasan, & pemahaman serta ulasan singkat mengenai topik tentang Contoh Kepedulian Sosial dlm Islam, Dunia Maya, Masa Pandemi.

Sumber Referensi :

https://kalbar.kemenag.go.id/en/info/sedekah-mengembangkan-rasa-syukur-dan-kepedulian-sosial