close

Contoh Budaya Konsumsi Masyarakat Perspektif Sosiologi

 Mengenal Trend Fastfood dlm Perspektif Teori Sosiologi

Perilaku Masyarakat Konsumtif 

Dalam perilaku konsumerisme, konsumsi menjadi suatu drama sosial, yg didalamnya memiliki makna-makna sosial, terjadi konflik posisi sosial di antara anggota-anggota masyarakat yg terlibat. 

Perilaku konsumerisme ini berkembang di mana produk-produk konsumer merupakan medium untuk pembentukan personalitas, citra, & pola hidup yg berlawanan-beda. 

Pola perilaku konsumtif disini ialah pola pembelian yg mengutamakan faktor impian dr pada faktor kebutuhan & cenderung dikuasai oleh hasrat duniawi.

Menurut Baudrillard yg dimakan oleh masyarakat konsumeris (Consumer Society) bukanlah kegunaan dr suatu produk.

Melainkan simbol atau pesan yg disampaikan dr suatu produk. Itulah yg dikatakan Baudrillard sebagai penduduk konsumeris. 

Sebagai contoh kita ambil fenomena yg pernah nge-isu terkini belum lama ini, BTS-Meal. Masyarakat utamanya golongan muda mengonsumsi.

BTS-Meal bukan menganggapnya sebagai konsumsi nilai guna, melainkan konsumsi simbol atau tanda. 

Arti dr konsumsi simbol & konsumsi nilai guna sudah jelas berlainan. Jika pada konsumsi nilai guna penduduk berorientasi pada kegunaan barang.

Maka pada konsumsi simbol cuma memprioritaskan citra atau tanda semata sebagaimana yg telah disampaikan oleh baudrillard. 

Di satu segi, simbol yg disantap tersebut merepresentasikan dimana konsumer menjadi penggalan dr hal itu. 

Dalam konteks ini, mereka para fans fanatic BTS merasa bukan fans musiman apabila sudah memiliki semua barang yg bekerjasama dgn BTS.

Mereka berasumsi yg pentin dr BTS Meal ini bukan rasa makanannya terlebih khasiatnya melainkan simbol atau gambaran yg ada pada packaging kuliner tersebut. 

Selain itu mampu jadi mereka mengonsumsi bts meal merupakan bentuk loyalitas mereka kepada idolanya. 

  Pengertian Lembaga Sosial dan Contohnya

Mereka pula menilai bts meal yg di produksi dlm waktu tertentu saja ini mampu dijadikan selaku suatu ingatan dimasa mendatang. 

Oleh alasannya adalah itu meski harus bertarung pada antrean yg mengular mereka rela melakukannya. Nah disinilah pula bagaiaman fastfood ini memberikan pengaruh kepada sikap penduduk dlm melakukan konsumsi. 

Dengan demikian, budaya sikap konsumsi pun tak bisa dihindarikan oleh penduduk yg seakan menjadi musim & menguatkan adanya kapitalisme disana. 

Baca lebih lengkapnya disini ya :

Contoh Pop Culture dlm BTS Meals

Sumber Referensi :

http://digilib.uinsgd.ac.id