close

Membangun Indonesia : Presiden Soekarno Dulu Mulai dari Rakyat, Tapi Sekarang Dimulai dari Dominasi Elite

Elit yg berkuasa tadi menguasai tiga sektor, yakni sebagai berikut :
-Lapis pertama ialah pebisnis, penguasa & militer
-Lapis kedua yaitu pemimpin opini lokal, cabang legislatif pemerintah, & beragam golongan berkepentingan. 
-Lapis ketiga yakni orang tak memiliki kekuasaan & orang yg tak terorganisasi baik dengan-cara ekonomi & politik.
Adapun dua faktor  yg menimbulkan kekuasaan elit : 
-Pertama, alat kekuasaan & kekerasan yg telah melebur. 
-Kedua, sifat yg saling tergantung antara elit yg dikelola kaum elit yg diatas. 
Kesadaran kohesif elit sosial mampu bersatu alasannya ada tiga aspek, yaitu :
-Kesamaan psikologis
-Kesamaan kepentingan
-Interaksi sosial.
Meminjam pedoman Mills, beberapa teladan fenomena sosial penduduk diatas, tentang bagaimana pembangunan yg dijalankan oleh negara pada masyarakatnya, dimulai dr kepentingan elit sosial.
Pembanguan sekarang hanya mengedapkan kepentingan elit, tak lagi menyaksikan kepentingan didasarkan pada kepentingan masyarakatnya.
Negara yg semestinya sebagai lembaga yg netral mempunyai tugas untuk memulai & memperlihatkan kelangsungan bagi elit sosial untuk mendominasi kepentingannya.
Atas dasar kesamaan kepentingan, elit sosial yg ada kini mempunyai efek yg kuat kepada pengendalian pada kebijakan-kebijakan yg diambil oleh negara. 
Kebijakan-kebijakan yg dikeluarkan dlm bentuk undang-undang sebagian memihak pada kepentingan elit sosial didalamnya, mirip teladan pada pengesehan UU Omnibus Law yg dikala ini masih ditolak oleh penduduk .
Keterlibatan penduduk kini telah kecil dlm hal permasalahan untuk kepentingan bersama, untuk kepentingan negara, sebab ada benarnya juga, bahwa kini negara sudah kadung mempunyai dampak yg besar & kuat, kepada posisi kekuasaan yg secara umum dikuasai pada masyarakatnya.
Nah, guys itu sekilas saja bagaimana kita mengetahui fenomena sosial masyarakat dlm memakai perspektif sosiologi dr ajaran Charles Wright Mills. 
Dominasi elit sosial yg ada sekarang pada bidang politik, ekonomi, & militer sama-sama mempunyai peranan yg kuat, dlm menentukan kebijakan negara, sehingga ini akan menjadi ketimpangan yg terjadi dlm penduduk . 
Selanjutnya, nanti kita akan mengulas singkat bagaimana sebaiknya negara selaku forum yg katanya netral untuk kepentingan penduduk , baik itu dlm pembangunan, maupun hal lainnya. 
  Warga Tolak PPKM, Ini Pandangan Sosiologi Weber : Itu Contoh Tindakan Rasionalitas

Sumber Foto : https://web.facebook.com/pg/savehutankinipan/photos/?ref=page_internal