close

Inilah Hasil Konflik Positif Indonesia dengan China di Natuna Utara


Konflik yg terjadi antara Indonesia & China di Natuna Utara menunjukkan dampak yg baik untuk berjalannya sistem sosial tersebut. Berikut ini beberapa imbas positif dr hasil pertentangan di Natuna Utara antara Indonesia & China yg bisa memperkuat Indonesia di segala bidang.

Pertama, pemerintah kian sigap dlm menyelematkan sumber daya alam (maritim) & mempertahankan perbatasan di Indonesia. Hasil pertentangan sosial dgn China di Laut Natuna Utara akan menjadi evaluasi pemerintah saat ini dlm melakukan & mempertahankan kedaulatan Indonesia dr serangan luar.
Agar kesalahan-kesalahan sebelumnya tak terulang kembali, mirip lepasnya tempat Timor-Timor pada waktu itu.
Dan menambah perbaikan armada, alutsista, yg semakin bagus kedepannya, semoga Indonesia siap menjaga perbatasan maritim dengan-cara optimal.
Kedua, akan ada aktifitas masyarakat (nelayan) di Natuna Utara. Mobilitas masyarakat yg masih sepi didaerah tersebut, membuat China bisa saja menggantikan maritim di Natuna Utara, yg bisa saja dengan-cara De Facto mereka menyatakan itu hak wilayah mereka. Seperti yg disampaikan Mahfud MD pada acara Mata Najwa yg mengangkat tema Ada China di Natuna
Dengan demikian, penduduk harus hadir di Natuna Utara, adanya aktivitas nelayan disana untuk mencari ikan. Seperti yg disampaikan Mahfud MD ada sekitar 470 kapal siap berangkat ke Natuna.
Yang mana sekarang ini masih sepinya aktifitas nelayan di maritim tersebut, gampang-mudahan dgn adanya kebijakan pemerintah kedepannya mampu menciptakan penduduk nelayan beraktifitas melaut disana, dgn didorong dukungan & bantuan dr pemerintah tentunya.
Ketiga, Pemerintah akan menyiapkan pubrik atau penampung ikan disana. Dengan adanya aktifitas melaut & mencari ikan yg dilaksanakan penduduk di Natuna Utara, akan membuat hasil perikanan tak diambil oleh negara lain.
Oleh alasannya adalah itu, Pemerintah Indonesia akan membangun penampungan ikan di Natuna. Seperti yg disampaikan oleh Mahfud MD, bahwa telah banyak yg akan investasi disana, kita akan membangun pubrik penampungan ikan untuk nelayan yg melaut, sehingga nelayan yg didatangkan tak bolak-balik lagi ke jawa.
Keempat, akan menawarkan imbas ekonomi pada masyarakat di Kabupaten Natuna. Dampak perekonomian terhadap adanya aktifitas penduduk disana yg mana akan menguntungkan Kabupaten Natuna itu sendiri, dimana sektor ekonomi mereka akan bertambah dr hasil ramainya perputaran uang disana.
Mulai dr mobilitas masyarakat, & para penanam modal setempat, nasional, & bahkan internasional yg akan menyimpan saham mereka untuk perkemabngan pembangunan ekonomi disana.
Kelima, mengevaluasi instansi yg tumpang tindih disana. Ada tujuh instansi yg katanya mampu berwewenang dlm mengambil alih permasalahan disana, sehingga hal it menjadi tumpang tindih.
Kedepannya permasalahan kelautan ini akan dijadikan satu biar menjadi hukum yg terang & tak tumpang tindih. Seperti disampaikan Mahfud MD pada program Mata Najwa yg mengangkat tema Ada China di Natuna.
Nah itulah lima efek positif yg ada dr hasil konflik yg berjalan antara Indonesia & China di Natuna baru-gres ini.