close

5 Cara Menyadarkan Masyarakat Untuk Menjaga Keutuhan NKRI

Kesadaran dlm menjaga NKRI merupakan hal mutlak yg wajib kita perjuangkan sebagai warga negara Indonesia. Jika NKRI dapat kita pertahankan dgn baik, maka kita dapat hidup dgn tenang, damai & makmur. Dalam kamus besar Bahasa Indonesia, Negara yakni persatuan bangsa yg mendiami suatu wilayah tertentu & dikelola sesuai dgn keadaan penduduk Indonesia oleh pemerintah.

Dalam menjaga NKRI, hal pertama yg harus kita hadapi yakni ancaman. Ancaman merupakan upaya yg dianggap mengancam & membahayakan kedaulatan, keutuhan wilayah serta keamanan warga negara baik itu yg berasal dr dlm maupn dr luar. Cara menyadarkan masyarakat untuk menjaga keutuhan NKRI mampu terjaga apabila kita dapat berpartisipasi dlm menjaga keutuhan wilayah serta terlibat dlm berbagai kegiatan dlm rangka menjaga keutuhan wilayah & bangsa Indonesia.

Jenis Ancaman

Seperti kita ketahui, perkembangan teknologi saat ini sangat begitu pesat, hal ini yg mendorong terjadinya pergeseran penduduk baik itu pergantian dengan-cara eksklusif mupun bentuk-bentuk pergantian sosial  & golongan. Selain itu, pertumbuhan tersebut pula mensugesti bentuk-bentuk terjadinya sebuah ancaman. Ancaman-ancaman tersebut pastinya akan sungguh berdampak besar pada cara menyadarkan masyarakat untuk menjaga keutuhan NKRI. Indonesia sendiri mampu menghadapi ancaman, baik itu tradisional maupun non tradisional seperti :

  • Ancaman keamanan tradisional

Merupakan ancaman yg berasal dr kekuatan militer negara lain untuk membahayakan kemerdekaan kedaulatan & keutuhan wilayah NKRI. Kebijakan yg diambil dlm menghadapi ancaman ini yaitu memaksimalkan upaya diplomatik dlm lingkup Confidence Building Measure (CBM) & Preventive Doplomacy. Jika cara-cara damai tetap tak membuahkan hasil, maka terpaksa mesti menggunakan kekuatan militer.

  • Ancaman keamanan non-tradisional

Merupakan penyebab terjadinya pertentangan yang disebabkan oleh dinamika politik yg terjadi di beberapa negara serta terjadinya kesenjangan ekonomi yg menjadikan suasana timpang lama kelamaan akan makin meluas hingga melampaui batas negara. Anacamn non-tradisional timbul dr motivasi separatisme & ditangani dgn cara dialogis.

Sikap Masyarakat untuk Menjaga Keutuhan NKRI

  1. Menumbuhkan rasa cinta tanah air

Hal pertama yg wajib kita lakukan untukn menyadarkna penduduk biar ikut andil dlm menjaga keutuhan NKRI adalah menumbuhkan rasa cinta tanah air. Apabila kita sudah mempunyai cinta tanah air tinggi maka kita akan senantiasa menjaga keamanan wilayah negara dr setiap ancaman yg dtang baik itu dr luar maupun dr dlm negara sendiri.

Selain itu rasa cinta tanah air pula bisa menumbuhkan rasa untuk menjaga kelestarian lingkungan, menjaga ekosistem & menjaga kekayaan alam dgn baik guna meningkatkan kesejhateraan rakyat. Kemudian warga negara yg memiliki cinta tanah air pula akan selalu berguru manguasai ilmu pengetahuan & aneka macam disiplin lazim yg diamalkan untuk seluruh masyarakat Indonesia. Apabila hal-hal seperti ini mampu kita tumbuhkan maka kutuhan NKRI mampu tersadar dgn baik.

  1. Menjaga persatuan & kesatuan

Menjaga persatuand & kesatuam seluruh rakyat Indonesia tak cuma ditingkatkan di wilayah sentra saja, tetapi pula mesti kita galakkan di daerah-daerah terpencil.  Persatuan & kesatuan sungguh penting sebagaiman yg sudag tercantum dlm sila ke tiga Pancasila. Hal ini mampu kita kembangkan lewat sikap-sikap berikut mirip giat mengadakan kerja sama antar suku bangsa & tempat di Indonesia.

Sponsors Link

Ikut memperlihatkan perlindungan tanpa membedakan darimana asalnya, memperluas pergaulan & mempelajari kesenian tempat lain serta tak menatap sobat dr suku atau daerah asal. Apabila sikap-sikap tersbeut mampu kita galakkan, maka relasi antar penduduk Indonesia akan tersadar & senatiasa lebih erat, sehingga hal ini mampu memperkokoh kesadran masyarakat dlm menjaga keutuhan NKRI.

  1. Meningkatkan rasa rela berkorban

Rela berkorban merupakan proses interaksi sosial akan kesediaan & keikhlasan untuk menawarkan sesuatau yg dimliki untuk kepentingan orang lain walaupun akan menyebabkan penderitaan bagi diri sendiri. Sikap ini dilakuakan dengan-cara nrimo untuk mendahulukan kepetingan orang lain ketimbang kepentingan diri sendiri. Sepeti kita ketahui, bangsa Indonesia dikala ini sudah mengalami aneka macam problematika menghadapai persoalan-persoalan negara seperti harga bahan pokok yg makin tinggi.

Kejahatan yg merajalela, ongkos pendidikan & kesehatan mahal serta pembangunan yg belum merata. Hal-hal inilah yg harusnya bisa kita atasi bersama dgn perilaku ikut berpartisipasi tenaga & asumsi untuk bantu-membantu memecahkan dilema tersebut guna menjaga wilayah NKRI. Partispasi tenaga & asumsi yg dimaksud mirip bermusyawarah mencari jalan solusis untuk perbaikan & pemecahan masalah yg sedang dihadapi oleh NKRI.

Sponsors Link

  1. Menigkatan beberapa kesiapan

Cara menyadarkan penduduk berikutnya adalah memajukan beberapa kesiapan yg mencakup beberapa hal mirip :

  • Kesiapan SDM, yakni kesiapan akan mempunyai pengetahuan & kemampuan yg dimiliki
  • Kesiapan sosial budaya, yakni kesiapan dlm menciptakan suasana kompetitif dlm aneka macam bidang kehidupan
  • Kesiapan keamanan, baik stabilitas politik dlm negeri maupun luar negeri
  • Kesiapan perekonomian rakyat yg adil & merata

  1. Tidak melupakan sejarah

JASMERAH! Jangan sekali-kali melupakan sejarah. Agaknya hal ini pula dapat kita tanamkan sebagai cara menyadarkan penduduk untuk selalu menjaga keutuhan NKRI. Bukan hanya pelajar yg wajib mempelajarinya alasannya adalah pelajaran sejarah masuk dlm kurikulum sekolah, namun seluruh penduduk Indonesia diwajibkan untuk mengetahui aneka macam bentuk sejarah. Dengan mempelajari sejarah, maka kita bisa kilas balik ihwal betapa beratnya usaha pendekar Indonesia dlm menghalau para penjajah. Kegiatan tersebut bisa kita hidupkan dgn menyelenggarakan rutinitas pemutaran film-film perjuangan, yg tak hanya bisa kita nikmati di hari Kemerdekaan saja. Jika hal ini dapat kita galakkan dgn baik serta ada dorongan dr tugas lembaga pendidikan, maka kesadaran penduduk untuk menjaga keutuhan NKRI mampu berkembang dgn baik.

Demikian cara menyadarkan masyarakat untuk menjaga keutuhan NKRI. Pada hakekatnya tanpa perlu disadarkan atau tidak, kita sebagai warga negara memang harusnya telah memiliki dorongan tersendiri untuk menjaga keutuhan & kedaulatan wilayah NKRI.

  keuntungan menggunakan sampel dalam penelitian