close

20 Masalah Negara Berkembang dan Solusinya

Pada pembahasan sebelumnya sudah dibahas mengenai perbedaan negara maju dan negara berkembang. Negara meningkat adalah sebutan untuk negara yg dianggap mempunyai standar hidup rendah hingga rata-rata. Biasanya suatu negara dikatakan negara meningkat dilihar dr kondisi orangnya, selain itu pemasukan yg rendah pun mempengaruhi terhadap suatu negara. Negara berkembang condong memiliki infrastruktur yg terbelakang. Adapun teladan dr negara meningkat diantaranya adalah Indonesia, India, Filipina, Thailand, dll.

Tentunya pada negara berkembang patokan hidup masyarakat mampu dikatakan rendah. Standar hidup yg rendah contohnya pendapatan yg rendah, pendidikan yg cuma hingga sekolah dasar, tingkat pengangguran yg tinggi, perumahan yg tak layak untuk dihuni, dll. Hal tersebut merupakan sebuah problem untuk negara meningkat . Masalah utama dr negara berkembang biasanya yakni dilema ekonomi. Butuh waktu yg sungguh lama untuk mampu menangani duduk perkara yg ada di negara meningkat .  Pada pembahasan kali ini akan dibahas perihal duduk perkara yg ada pada negara meningkat . Simak pembahasannya dibawah ini.

Baca juga:

Masalah Dari Negara Berkembang

Standar hidup pada negara meningkat dapat dikatakan rata-rata bahkan patokan hidup di negara meningkat berada dibawah rata-rata. Adapun tolok ukur hidup yg rendah tentunya ditimbulkan karena persoalan yg ada pada negara tersebut. Masalah yg menjadi pemicu standa hidup di negara meningkat rendah biasanya merupakan dilema pereknomian. Berikut ini masalah yg ada pada negara berkembang beserta penjelasannya:

1. Standar Hidup yg Rendah Menyebabkan Kemiskinan

Standar hidup yg rendah pada alhasil akan menjadikan kemiskinan. Kemiskinan merupakan suatu perwujudan kondisi yg mengalami patokan hidup yg rendah. Tentunya setiap negara mempunyai batasan kemiskinan yg berlainan dibandingkan dgn negara lain. Indonesia merupakan salahs atu negara berkembang oleh karena itu tak aneh jika beberapa wilayah di Indonesia mengalami kemiskinan. Akan tetapi pemerintah Indonesia tak cuma diam, pemerintah menunjukkan perhatian dlm menanggulangi kemiskinan.  (Baca juga: perbedaan sosialisasi primer & sekunder)

2. Tingkat Pengangguran Tinggi

Masalah kedua yg dihadapi oleh negara berkembang yaitu adanya kekurangan pekerjaan. Adanya kekurangan lapangan kerjaan menimpulkan tingginya nilai pengangguran di negara berkembang. Pengangguran terjadi karena adanya ketidakseimbangan antara jumlah lapangan pekerjaan dgn jumlah pekerja yg ada. Kurangnya lapangan pekerjaan disebabkan negara berkembang sedang melakukan sebuah pembangunan untuk menjadi negara industri. Dengan menjadi negara industri maka diharapkan akan tercipta banyak lapangan pekerjaan. Selain itu penyebab terjadinya pengangguran yakni tinggi laju kemajuan penduduk di negara meningkat dibandingkan dgn daya tampung perekonomian. (Baca juga: pengaruh kepadatan penduduk )

3. Adanya Ketidakmerataan

Pada problem negara meningkat terjadi ketidakmerataan pemasukan merupakan suatu duduk perkara besar. Infrastruktur yg kurang siap menimbulkan terjadinya ketidakmerataan pada suatu hasil pembangunan. Contohnya Indonesia, perekonomian yg ada di Indonesia hanya berkonsentrasi pada kota-kota besar sehingga tempat-daerah terpencil kurang terperhatikan. Perekonomian yg berfokus hanya pada kota-kota besar ini mengakibatkan cuma kota-kota besar yg nantinya akan merasakan hasil pembangunan yg patut. Indonesia dikala ini telah melaksanakan pergeseran tata cara pada perundang-undangan untuk memperbaiki metode perekonomian yg ada. Selain itu mulai diberlakukan undang-undang otonomi daerah untuk mengurangi ketidakmerataan yg terjadi antara di kota-kota besar & di daerah-daerah terpencil. (Baca juga: aspek pendorong urbanisasi )

4. Kekurangan Modal

Sponsors Link

Suatu negara meningkat dlm menjalani proses pembangunan ekonomi mempunyai masalah adanya kelemahan modal. Adanya kelemahan modal meyebabkan proses pembangunan akan terhambat, disamping itu akan menyebabkan kemiskinan pada suatu negara. Tingkat simpanan & tingkan pembentukan modal yg tinggi merupakan sebuah kesusahan yg dicicipi negara berkembang. Salah satu upada untuk mengatasi kelemahan modal dgn menarik banyak sekali invistor baik dlm negeri ataupun dr mancanegara. (Baca juga: macam-macam kalangan sosial)

5. Sumber Daya Manusia Tidak Memadai

Masalah negara bekembang yaitu sumber daya manusia yg tak mencukupi. Rendahnya sutau tingkat produktivitas tenaga kerja di dunia disebabkan karena kurangnya aspek pemanis yaitu modal & keahlian sumber daya manusia. Hal ini akan menjadikan tanah & tenaga kerja tak akan memiliki produktivitas yg tinggi.

Baca pula :

6. Ketergantungan yg besar

Kondisi ekonomi negara berkembang yg rendah sungguh dipengaruhi oleh keberadaan negara maju yg ada di sekeliling negara meningkat tersebut. Hal ini disebabkan karena adanya permintaan domestik perihal pasar ekspor. Adanya ketergantungan pada negara maju terjadi pada bidang industri, lantaran negara berkembang masih membutuhkan santunan pada bidang industri. Selain itu negara maju yg sungguh membutuhkan negara berkembang untuk menyuplai materi dasar pada perindustrian negara maju. (Baca pula : bentuk-bentuk konflik sosial)

7. Tingkat Pertumbuhan Relatif Pendapatan Nasional

ads

Masalah lain yg timbul pada negara berkembang yakni tingkat pertumbuhan pemasukan nasional. Tingkat pertumbuhan pendapatan nasiona di negara berkembang lebih rendah dr pada negara maju. Negara ketiga pada umumnya mengalami kesenjangan pemasukan antara negara kaya ataupun negara miskin. Kesenjangan tejadi dgn sangat cepat & melebar. (Baca pula : faktor pendorong mobilitasi sosial)

8. Fasilitas Pendidikan Tidak Memadai

Salah satu problem negara meningkat yg menjadi prioritas utama yakni pada bidang pendidikan. Sarana & prasana merupakan salah satu aspek yg paling penting dlm dunia pendidikan. Namun nyatanya, di negara berkembang budget dr pemerintah untuk akomodasi pada sekolah-sekolah masih belum sepenuhnya tercukupi. Selain itu di negara meningkat tingkat persentase karakter masih tinggi yaitu mencapai 55 persen, hal itu sangat tinggi kalau dibandingkan dgn negara maju. Negara maju mempunyai persentase 36 persen untu buta warna. Selain itu materi pendidikan di negara meningkat yg diberikan pada belum dewasa cenderung kurang berhubungan dgn kebutuhan pembangunan nasional.

9. Tingginya Laju Penduduk

Tingginya laju perkembangan penduduk di negara meningkat jauh lebih tinggi 2 bahkan hingga 4 kali dibandingkan laju pertumbuhan pada negara-negara maju. 75% manusia di dunia menempati di negara meningkat , maka tidak heran kalau laju penduduk di negara meningkat sanga tinggi. Dengan tingginya laju penduduk maka akan kuat pada banyak hal seperti potensi kerja, layanan pendidika, kesehatan, dll.

10. Kesehatan 

Masalah lain pada negara berkembang yaitu pada bidang kesehatan. Banyak penduduk pada negara berkembang mengalami kelemahan gizi. Hal ini disebabkan karena kondisi ekonomi yg tak baik. Pendapat biasa menyampaikan bahwa terjadinya kelemahan gizi terjadi karena terbatasnya bikinan suatu materi pangan di dunia, tetapi pada negara berkembang kelemahan gizi terjadi lantaran adanya ketimpangan dlm penyaluran materi pangan di dunia. Adanya kekurangan gizi yg terjadi di negara berkembang disebabkan karena faktor kemiskinan bukan karena susahnya mendapatkan masakan. (Baca pula : fungsi bahasa daerah)

11. Produktivitas yg Rendah

Produktivitas suatu negara biasanya dipengaruhi oleh pemanfaatan teknologi & pula ilmu wawasan. Dengan ilmu pengetahuan maka mampu menciptakan tenaga kerja yg terampil. Pada negara berkembang pemanfaatan teknologi & ilmu pengetahuan masih sangat rendah sehingga menimbulkan negara meningkat mempunyai produktivitas yg rendah.  Selain itu produktivitas suatu negara dapat dilihat dr pendapatan perkapita. Hal ini mempunyai kaitan dgn tingkat kehidupan & pula kesempatan kerja. Di negara meningkat sering mendengar perumpamaan bundar setan yg sukar untuk diputus, maksud dr istilah tersebut yakni dgn pendapatan yg rendah maka nantinya akan kuat pada tabungan & pula investasi yg rendah. (Baca juga: ciri-ciri insan sebagai makhluk ekonomi)

 12. Ketergantungan pada Sektor Pertanian Primer

Masalah lain pada negara meningkat yaitu adanya ketergantungan pada sektor pertanian & pula sektor pertambangan. Ada beberapa negara meningkat yg cuma bergantung pada sektor pertanian saja untuk perekenomian negara tersebut. Pereknomian yg cuma bergantung pada satu sektor disebut monokultural.

13. Ketergantungan pada Hubungan Internasional

Seperti yg kita ketahui bahwa ekonomi pada negara meningkat sangat rendag. Kondisi ekonomi negara meningkat sangat dipengaruhi oleh keberadaan ekonomi negara maju. Hal ini terjadi lantaran lemahnya permintaan domestik & lebih mengandalkan pasar ekspor. Barang-barang yg diekspor merupakan barang-barang primier, adanya ketergantungan pada negara maju terjadi pada sektor industri.

14. Pasar yg tak sempurna

Sponsors Link

Adanya pasar pada negara berkembang tak menyediakan berita yg lengkap. Struktur yg ada pada pasar biasanya tak tepat. Adanya ketidak sempurnaan pada pasar & isu pastinya akan merugikan warga. Beberapa isu pasar cuma diterima oleh warga & para usahawan mampu dgn mudahnya menerima info perihal isu pasar.

Baca pula :

15. Infrastruktur 

Negara berkembang kebanyakan memiliki wilayah yg luas jika dibandingkan dgn negara maju. Tentunya dgn mempunyai wilayah yg luas, infrastruktur mesti berkembang dgn pesat. Namun lantaran adanya kekurangan ekonomi pada negara meningkat menciptakan infrastruktur pada negara meningkat tak berjalan sebagaimana mestinya & bahkan ada beberapa infrastruktur yg belum dibangun.

16. Hukum 

Masalah lain pada negara meningkat yaitu pada bidang aturan. Penduduk yg ada pada negara meningkat banyak yg tak mempunyai kesadaran akan pentingnya aturan yg ada pada negaranya. Tidak cuma penduduk, bahkan para staf pemerintahanpun masih sungguh banyak yg tak menerapkan hukum yg ada. Tidak heran banyak koruptor di negara berkembang. Orang yg mengenali seluk beluk hukum kadang-kadang memakai aturan untuk manfaatnya sendiri.

17. Tingkat Produksi

Tingkat bikinan pada negara berkembang masih sangat rendah. Tingkat produksi yg rendah diakibatkan lantaran mutu sumber daya manusia yg kurang memadai, disamping itu lantaran kurangnya inovasi pada warga di negara meningkat . Negara meningkat kebanyakan masih menggunakan tenaga manusia pada bidang industri sehingga menimbulkan hasil yg dihasilkan sungguh sedikit bila dibandingkan dgn negara maju yg sudah menggunakan mesin pada bidang industrinya.

18. Distribusti Pendapatan Nasional

Distribusi pemasukan nasional masih tak merata. Adanya kesenjangan pendapatan perkapita antara negara kaya & negara miskin bukan merupakan wujud dr adanya perbedaan ekonomi. Tingkat pemasukan setiap negara tak sama, akan tetapi terjadi ketimpangan pada negara-negara meningkat yg jauh lebih parah dr pada negara maju. (Baca juga: pengertian piramida penduduk)

Solusi dr beberapa yg sudah dilaksanakan oleh pemerintah supaya membangun negara meningkat bisa menjadi negara maju sebagai berikut:

  • Berbagai cara sudah pemerintah coba untuk dapat menurunkan kemiskinan yg ada di Indonesia, misalkan subsidi silang
  • Negara maju sangat memerlukan negara berkembang untuk menolong menyuplai materi dasar yg berasal dr negara berkembang.
  • Dengan melaksanakan tabungan & investasi pada negara meningkat yg rendah maka akan menyebabkan produktivitas yg rendah.

Nah itulah duduk perkara-dilema yg ada pada negara meningkat . Kita sebagai warga Indonesia yg termasuk negara meningkat haruslah memulai tindakan untuk menuju pergeseran semoga Indonesia menjadi negara maju. Sekian pembahasan perihal materi kali ini, semangat & sukses senantiasa.

  Apa Perbedaan Petani di Daerah Dataran Rendah dan Petani di Daerah Dataran Tinggi ?