Sistim Sosial, Konsep Etnisitas Sebagai Kategori Sosial

Sistim social, akan melihat kembali bagaimana suatu budaya akan meningkat di masyarakat. Hal ini, pastinya akan ada pikiran bahwa bagaimana proses budaya berlangsung pula di penduduk . Dengan menawarkan sebuah identitas maka setiap kelompok dlm struktur penduduk dengan-cara horizontal. Meskipun pada nyatanya sebuah struktur masyarakat dlm sebuah kehidupan masyarakat.
Kemudian, tumpang tindih dgn struktur masyarakat dengan-cara vertical, seperti yg dialami masyarakat Indonesia pada masa colonial telah membentuk suatu peta politik yg kuat diantar masyarakat. Bagaimana penghubungan ini akan berlangsung, maka dgn pelapisan penduduk yg vertical.
Hubungan antar etnik akan menunjukkan banyak sekali masa pada pembagian dlm sebuah kalangan etnik dgn pelapisan yg sudah tertata, atau tidak. Tatkala pembagian ini berjalan maka aka nada corak yg berjalan dgn yg dinamakan “kaum”.
Kemudian, yg dipahami bagaimana kebijakan dlm proses setiap pengkategorian tersebut dgn fenomena yg berjalan. Hal ini, tentunya dapat dimengerti tatkala banyak sekali problem yg berjalan semakin membagi-bagikan setiap pembudayaan yg berjalan.
Kemunculan suatu etnis pastinya tak akan pernah berdiri sendiri, namun identitas etnis akan muncul kalau golongan atau indetitas lain selaku pembanding. Maka, dlm hal ini akan timbul persoalan yg memang dengan-cara social di masyarakat akan bergejolak.
  Sistem Sosial Masyarakat Dengan Persoalan Dinamikanya